Skip to main content

Did You Know? Ini Lho Fakta Ubin Tegel yang Jarang Orang Tau!


Did You Know? Ini Lho Fakta Ubin Tegel yang Jarang Orang Tau!

Siapa yang tidak tau ubin tegel? Lantai yang kepopulerannya semakin menanjak setelah Keraton Jogja menggunakannya ini menarik perhatian banyak kalangan, khususnya para pecinta seni dan desain interior.

Karena kepopulerannya di Indonesia berawal dari Keraton Jogja, banyak orang yang beranggapan bahwa motif lantai ini merupakan motif asli dari Indonesia, tepatnya Jawa. Padahal, kenyataannya tidak seperti itu lho.

Tegel sendiri merupakan kata serapan dari bahasa Belanda yang berarti ubin. Sebenarnya, nama tegel ini muncul ketika seorang warga berkebangsaan Belanda membangun pabrik pengrajin ubin bernama Tegel & Beton Kunci di pulau Jawa pada tahun 1920-an. Pabrik inilah yang pertama kali membawa motif-motif tegel ke Indonesia.

Mau tau fakta menarik lainnya tentang ubin tegel? Simak ulasannya di bawah ini ya.

Sejarah Tegel

Motif tegel yang menarik berasal dari Spanyol dan Portugal. Di negara asalnya, motif ini disebut Azulejo. Namun, sebelum Spanyol mulai membuat motif tegel, peradaban di wilayah Arab sudah membuat motif ini terlebih dahulu dengan cara mengimitasi motif mozaik yang dibuat bangsa Romawi. Kemudian diadopsi oleh para pedagang dan seniman Eropa dengan menambahkan beberapa inovasi dan kearifan lokal mereka.

Sebuah Karya Seni

Dulu, ubin tegel hanya digunakan sebagai pelapis beton. Namun seiring berjalannya waktu, para seniman mengubah strategi pemasaran mereka dengan cara menyajikannya sebagai karya seni. Alhasil permintaan dan harganya pun terus melonjak. Bahkan, untuk memesan ubin tegel dengan kualitas terbaik pun cukup sulit karena Anda harus memesan dari jauh-jauh hari.

Hal yang membuat nilai seni tegel sangat tinggi adalah proses pembuatannya yang manual, mulai dari pembentukan, embossing, hingga pewarnaan. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan nilai estetika yang unik dan berbeda dari lainnya. Semakin rumit proses pembetukan motif tegel, maka akan semakin tinggi pula harganya.

Motif Khas Keraton Jogja

Salah satu hal yang membuat tegel sangat melekat dengan budaya Jawa adalah Keraton Yogyakarta. Mungkin Sobat Kilau yang pernah berkungjung ke Keraton sadar bahwa bangunan ini menggunakan tegel untuk lantainya. Hal inilah yang membuat nama ubin tegel semakin populer di kalangan masyarakat.

Hingga saat ini, beberapa orang menganggap bahwa menggunakan ubin tegel memberikan kesan ‘bangsawan’ terhadap pemiliknya. Ini pula yang menjadi daya tarik ubin tegel di mata masyarakat.

Motif yang Beragam

Sejarah tegel menyebutkan bahwa motif ubin ini tidak hanya berasal dari negara aslinya, namun karena menyebar luas ke seluruh penjuru, ubin tegel pun memiliki motif yang berasal dari berbagai pengrajin dengan kebudayaan yang berbeda. Para pengrajin ini tentunya memberikan nilai estetika tersendiri pada karya mereka.

Motif tegel yang berasal dari Indonesia biasanya memiliki motif seperti batik tulis dengan karakteristik shading warna yang lebih lembut dan gelap. Sementara dari negara aslinya, Spanyol, motifnya lebih ke pola-pola dasar geometris dengan tone warna netral. Selain itu, tegel Spanyol juga identik dengan warna biru dan putih yang berasal dari pengaruh kebudayaan abad ke-15 hingga ke-17.

Sedangkan untuk tegel Meksiko yang biasa disebut Talavela, motifnya biasanya menggambarkan objek yang dipengaruhi oleh kepercayaan setempat. Awalnya, tegel Meksiko lebih dominan pada warna biru putih, yang mana warna ini mengadopsi dari motif Spanyol. Namun sekarang motifnya sudah semakin banyak dengan pola dan warna yang beragam.

Itulah 5 fakta mengenai ubin tegel yang harus Anda tau. Bagaimana, tertarik untuk menggunakan ubin tegel juga?

Sumber: Kemilau Marmer Blog

Comments

Popular posts from this blog

Yuk, Rawat Kilau Lantai Marmermu. Begini Caranya!

Lantai marmer sudah lama menjadi primadona para pecinta desain interior. Tak hanya karena warna dan motifnya yang eksklusif sehingga menimbulkan kesan mewah, marmer juga dipilih karena daya tahannya. Meski begitu, lantai marmer juga membutuhkan perawatan khusus lho. Karena merupakan batuan asli yang pada dasarnya memiliki pori, marmer cukup sensitif terhadap cairan yang dapat membuat warnanya pudar atau kusam. Lalu, bagaimana cara menjaga lantai marmer agar tetap berkilau? Berikut adalah beberapa tipsnya. Pel dengan Air Panas Tahukah Anda, mengepel lantai marmer dengan air panas akan lebih efektif dibanding menggunakan air biasa lho. Air panas terbukti lebih baik dalam membersihkan kotoran. Dengan begitu, Anda tidak perlu menggunakan terlalu banyak larutan keras yang justru membuat lantai rusak. Gunakan Detergen dengan pH Netral Penggunaan sabun dengan pH netral ini bertujuan agar lantai marmer tidak mudah rusak. Campurkan detergen dengan air yang sudah dipanaskan

Belum Punya Rencana Weekend? Yuk Coba ke Cafe di Sentul

Akhir pekan memang waktu yang paling sempurna untuk melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Banyak orang menghabiskan akhir pekannya dengan sekedar bercengkrama bersama keluarga atau pergi hangout dengan sahabat. Mengisi akhir pekan tidak selalu harus berdiam di rumah atau pergi ke pusat perbelanjaan saja, Anda bisa mencari alternatif wisata lain yang tentunya tak kalah asik untuk menghabiskan waktu libur. Salah satunya dengan wisata kuliner. Bicara tentang wisata kuliner, Apartemen Olympic Residence berada dekat dengan tempat makan di Sentul, Bogor. Eits, jangan salah! Banyak  cafe di Sentul  yang menarik, lho. Apa aja sih? Yuk simak beberapa rekomendasi berikut ini. 1. Pasar Ah Poong Keindahan dan keunikan Pasar Apung telah menyita perhatian pecinta kuliner, pengunjung salah satu cafe di Sentul ini tidak hanya berasal dari wilayah Bogor saja, melainkan juga berasal dari Jakarta. Pasar Ah Poong (di baca: Pasar Apung) adalah sebuah restoran dengan konsep terbuka

Kemilau Marmer: Poles Marmer Itu Gak Bisa Sembarangan!

Sudah sejak lama jasa poles marmer hadir di Indonesia. Sebagai salah satu jasa yang sangat dibutuhkan di dunia properti, jasa poles marmer dan granit menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan, terlebih diiringi dengan perkembangan properti di Indonesia yang pesat dan terus berkelanjutan membuat banyak orang tertarik untuk menjalankan bisnis ini. Sayangnya, tidak semua teknisi atau pekerjanya bisa melakukannya dengan benar, bahkan tidak jarang teknisi yang tidak mengerti standarnya. Untuk masalah tersebut Kemilau Marmer hadir untuk memberikan solusi. Apa bedanya Kemilau Marmer dengan tukang poles marmer lain? Kemilau Marmer memiliki standar proses kerja internasional yang mana mewajibkan ketelitian dari teknisi. Kemilau Marmer menggunakan tenaga terpilih dan pengerjaan diawasi oleh supervisor yang sudah berpengalaman mengerjakan dan mengajarkan poles marmer, granit, teraso, keramik, dan jenis lainnya. Kenapa Kemilau Marmer lebih baik? Kemilau Marmer adalah unit usah