Kenapa Kita Harus Cepat-Cepat Memiliki Rumah?

Kenapa Kita Harus Cepat-Cepat Memiliki Rumah?

Seperti yang kita tahu bahwa rumah adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Sayangnya, harga properti yang selalu mengalami kenaikan juga berimbas pada kemampuan masyarakat untuk bisa membeli rumah. Hal ini mungkin menjadi kabar baik untuk para investor properti. Namun, bagi para pencari hunian tentu hal ini adalah kabar yang kurang baik.

Karena alasan tersebutlah, kita semua, termasuk Anda, harus cepat-cepat membeli rumah. Karena selain alasan di atas, ternyata membeli rumah sejak dini banyak memberikan keuntungan lho. Dilansir dari H City Sawangan, berikut adalah alasan mengapa Anda harus segera memiliki rumah.

Harga Properti Terus Naik

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa harga properti selalu mengalami kenaikan. Berbarengan dengan hal ini, kebutuhan terhadap hunian pun terus meningkat. Masalahnya, kenaikan harga properti ini tidak dibarengi dengan tingkat pendapatan masyarakat.

Bahkan perencana keuangan dari Kaukabus Financial Literacy Center, Kaukabus Syarqiyah membuat pernyataan sebagai berikut: "Gaji kita tidak akan bisa mengejar kenaikan harga rumah selama tahun-tahun ke depan. Misalnya rumah harga Rp500 juta naik 10%, terus gaji kita naik 20% dari Rp4 juta. Tidak akan seimbang kan?". Miris sekali bukan?

Karena itulah, sebelum harga hunian semakin meningkat, bukankah akan lebih baik jika Anda membeli rumah dari sekarang? Jika memang dana yang dimiliki belum cukup, Anda bisa mengajukan KPR atau KPA sebagai alternatifnya.

Mahalnya Harga Bahan Material

Selain harga properti yang semakin meningkat, harga material bangunan pun juga selalu mengalami kenaikan.  Karena itulah, membeli rumah siap huni cenderung lebih menguntungkan dibanding membeli tanah dan membangunnya sendiri. Jika Anda memutuskan untuk membeli rumah cluster yang banyak ditawarkan developer, maka semua ruangan serta kelengkapannya telah selesai dibuat, sehingga Anda hanya fokus pada pembayaran cicilan.

Lahan Untuk Hunian Makin Terbatas

Bukan hanya harga yang menjadi masalah, namun juga ketersediaan lahan untuk membangun rumah juga menjadi poin yang harus diperhatikan. Seperti yang kita tau bahwa populasi masyarakat Indonesia terus bertambah sehingga lahan untuk membangun hunian terus berkurang. Hal inilah yang menyebabkan Anda harus segera memiliki rumah. Anda tentu tidak mau ‘kan jika nantinya Anda dan keluarga kesulitan mencari hunian?

Usia Produktif Masih Panjang

Usia produktif berada di kisaran 20 – 40 tahun. Anda yang masih berada di usia ini memiliki kesempatan besar untuk bisa membeli rumah lebih cepat karena  masih jauh dari masa pensiun. Rata-rata usia pensiun di Indonesia adalah 55 hingga 60 tahun. Nah, jika Anda membeli rumah sejak dini, meskipun jangka waktu cicilan sampai 20 tahun pun proses pembayarannya tetap dapat dilakukan.

Dengan KPR, Tenor dapat Ditentukan

“Tapi, uang yang saya punya belum cukup untuk membeli rumah secara tunai”. Eits, hal ini sebenarnya bukanlah hambatan bagi Anda untuk bisa cepat memiliki hunian lho. Jika Anda mampu membeli rumah secara cash, Anda bisa membeli rumah dengan sistem pembayaran KPR (Kredit Pemilikan Rumah), seperti halnya perumahan H City Sawangan. Sistem pembayaran ini dianggap lebih fleksibel dan menguntungkan kedua belah pihak (pembeli dan developer).

Ada beberapa tenor yang ditawarkan oleh bank dalam sistem KPR. Tujuan dari keberagaman tersebut adalah agar Anda bisa menyesuaikan kemampuan bayar, baik uang muka maupun cicilannya dengan jangka waktu yang berbeda-beda.


Nah, itulah 5 alasan mengapa Anda harus segera memilikirumah. Bagaimanapun juga, memiliki rumah adalah salah satu kebutuhan setiap orang, terutama jika sudah merencanakan untuk berkeluarga. So, selamat berjuang untuk mendapatkan hunian idaman ya!

Comments

Popular posts from this blog

Gaji 3 juta ingin punya rumah? Begini Cara Menyiasatinya!

Beli Rumah dengan Gaji Kecil Setelah Menikah? Ini Caranya!

Ini Dia Mitos dan Fakta Investasi Apartemen yang Jarang Orang Tau