Mau Pergi Liburan? Ini Tips Menjaga Rumah Agar Tetap Aman



Tak terasa sebentar lagi libur panjang! Biasanya saat-saat seperti ini digunakan untuk belibur dalam waktu yang lama serta membawa keluarga. Iya kan?

Jika Anda tengah merencanakan liburan, ini artinya Anda harus meninggalkan rumah dalam waktu lama juga.  Biasanya, orang akan merasa khawatir saat meninggalkan rumah karena inilah saat yang rawan banyak upaya perampokan.

Tentunya, Anda ingin liburan dengan nyaman ‘kan? Nah, coba beberapa tips aman meninggalkan rumah saat liburan ini yuk!

Pertama, Anda harus melapor pada pihak terkait seperti ketua RT/RW atau kepala keamanan. Jika Anda tinggal di apartemen, Anda juga bisa memberitahu pihak management kalau hunian Anda sedang kosong. Meski keamanan di apartemen sudah terjamin, tapi tak ada salahnya untuk mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan, bukan?

Selain melapor, cobalah minta bantuan tetangga untuk memeriksa hunian secara berkala. Setidaknya, mereka akan membantu menyapu halaman agar tetap terlihat bersih. Jadi, orang lain tak akan curiga bahwa rumah tersebut sedang kosong.

Ketiga, simpan dokumen berharga di dalam SDB (Safe Deposit Box) bank selama berlibur. Selain aman, biayanya juga terjangkau.

Keempat, pastikan peralatan listrik seperti tv, komputer dan gas dalam keadaan mati untuk menghindari kebakaran akibat korsleting listrik.

Jika selama berlibur Anda tak bisa mengajak binatang kesayangan, jangan lupa untuk menitipkannya di pet shop. Pilihlah pet shop terpercaya agar si manis tetap sehat dan terawat.

Nah tips terakhir ini mungkin sedikit susah dilakukan, yaitu cobalah tidak update di media sosial. Tenang! Hanya sementara waktu kok. Pasalnya, terlalu ekspos kegiatan berlibur di media sosial dapat dilihat siapa saja. Hal ini semata-mata untuk menghindari orang-orang yang berniat buruk.

Bagaimana, gampang kan tipsnya? Ayo buat liburan makin berkesan dan menyenangkan. Rumah aman, liburan pun nyaman!

Comments

Popular posts from this blog

Gaji 3 juta ingin punya rumah? Begini Cara Menyiasatinya!

Beli Rumah dengan Gaji Kecil Setelah Menikah? Ini Caranya!

Buat Desain Interior Rumah Harus Matching Lho. Ini Alasannya!