Jangan Asal Murah! Pilih Apartemen yang Punya Sistem Kemananan Ini



Keamanan adalah prioritas utama dalam sebuah tempat tinggal. Karenanya, Anda tidak boleh sembarangan saat membeli hunian. Tak hanya harga, lokasi dan fasilitas saja, keamanan juga perlu diperhatikan, apalagi jika Anda akan tinggal di apartemen.

Kenapa apartemen? Ya, meskipun apartemen sudah terkenal dengan kemananannya, tapi kewaspadaan tetap harus ada ‘kan? Gedung apartemen juga tak hanya dihuni oleh 1 keluarga saja, maka dari itu Anda harus lebih waspada karena potensi kejadian yang tak terduga (misalnya pencurian) sangatlah tinggi.

Jangan terlena dengan harga murah! Dilansir dari Olympic Residence Sentul, apartemen incaran Anda setidaknya harus memiliki 3 hal penting penunjang sistem keamanan ini.

1. Petugas Keamanan 24 Jam

Pengawasan oleh petugas keamanan menjadi hal mutlak yang harus ada di apartemen. Biasanya petugas yang berjaga berjumlah lebih dari 20 orang dan menyebar ke seluruh penjuru gedung. Misalnya, ada yang menjaga pintu gerbang (pos) keluar/masuk gedung, di pintu apartemen, lobby, maupun disetiap lantai apartemen.

2. CCTV

CCTV wajib terpasang untuk mengawasi gerak-gerik orang di sekitar. Karena ukurannya kecil, benda ini dapat diletakkan di manapun yang rawan dikunjungi banyak orang, maupun di tempat sepi. Dengan bantuan CCTV, dapat membantu kerja para petugas keamanan serta dapat menjadi barang bukti untuk mengungkap tindak kriminal.

3. Access Control System

Tidak semua pengembang menyediakan fasilitas ini. Access Control System adalah suatu sistem berupa kartu yang dapat dipakai oleh penghuni, pengunjung dan juga tenant untuk mengakses segala tempat yang ada di apartemen. Umumnya menggunakan ID sistem elektronik dan pintu yang dilengkapi dengan pengunci kartu ID. Sehingga orang lain (selain penghuni apartemen) tidak dapat memasuki kawasan apartemen tersebut jika tidak memiliki kartu ID.

Selain itu, access card ini dilengkapi dengan pengamanan darurat. Sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti kebakaran, maka pintu akan terbuka otomatis setelah ada sinyal dari System Fire Alarm.

Saat Anda melakukan survey, jangan lupa menanyakan hal-hal di atas kepada salesnya ya. Dengan keamanan berlapis tentunya Anda tak perlu khawatir lagi jika harus meninggalkan apartemen dalam waktu lama. Begitu juga bagi yang memiliki anak kecil, setiap gerakannya di lingkungan apartemen dapat lebih mudah terpantau.

Comments

Popular posts from this blog

Gaji 3 juta ingin punya rumah? Begini Cara Menyiasatinya!

5 Benda Ini Dapat Merusak Energi Saat Tidur? Ini Kata Feng Shui

Beli Rumah dengan Gaji Kecil Setelah Menikah? Ini Caranya!