Skip to main content

Ini Alasan Petingnya Mengasuransikan Apartemen


Ini Alasan Petingnya Mengasuransikan Apartemen

Asuransi properti merupakan salah satu jenis asuransi yang memberikan banyak manfaat namun masih sangat minim peminat. Hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian dan wawasan mengenai keuntungan-keuntungan tersebut.

Asuransi properti sendiri adalah jenis perlindungan yang bertujuan mengantisipasi kerugian finansial dan meminimalisir risiko yang timbul akibat kejadian tak terduga yang menimpa properti seperti bencana alam, kebakaran, pencurian dan lainnya.

Asuransi properti terbagi 2 yaitu PAR (Property All Risk) dan PSAKI (Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia). PAR menjamin seluruh risiko yang terjadi pada harta benda yang dipertanggungkan. Sedangkan, PSAKI merupakan polis standar yang dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) untuk asuransi kebakaran.

Manfaat Asuransi Properti


Keuntungan yang didapat dengan mengasuransikan properti adalah perlindungan terhadap sejumlah risiko yang mengancam properti, seperti kebakaran, kejatuhan pesawat terbang, banjir, gempa bumi, angin, ledakan, huru hara hingga pencurian.

Selain properti terkait, perusahaan asuransi juga akan menjamin perlindungan terhadap segala harta benda di dalam hunian lho.

Asuransi Properti untuk Apartemen


Asuransi properti untuk rumah tapak mungkin sudah tak asing. Tapi, bagaimana dengan apartemen? Apakah hunian vertikal ini juga harus diasuransikan?

Sebenarnya, berdasarkan PP Pasal 70 No. 4 tahun 1988 tentang rumah susun dan hunian menyatakan bahwa setiap apartemen sudah dilengkapi asuransi dari badan pengelola.

Selanjutnya, dalam PP No. 4/1988 Pasal 61 ayat (2) mengatakan bahwa setiap penghuni berkewajiban untuk:

1. Mematuhi dan melaksanakan peraturan tata tertib dalam rumah susun dan lingkungannya sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga;
2. Membayar iuran pengelolaan dan premi asuransi kebakaran;
3. Memelihara rumah susun dan lingkungannya termasuk bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama.

Kelemahan dari asuransi ini adalah jaminan perlindungan hanya diperuntukan kepada properti sehingga tidak ada jaminan atau ganti rugi terhadap harta benda di dalamnya.

Lain halnya jika Anda membeli polis asuransi properti untuk apartemen. Jika terjadi hal-hal tak terduga seperti kebakaran atau pencurian, maka barang-barang yang hilang akan digantikan. Namun, manfaat-manfaat tersebut bisa diperoleh tergantung pada polis yang dibeli.

Mengasuransikan hunian tentu akan membuat kita merasa lebih aman dan mengurangi rasa khawatir atas musibah yang akan melanda.

Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan kondisi keuangan sebelum membeli asuransi karena nantinya aka nada biaya premi yang harus dibayarkan secara rutin.

Comments

Popular posts from this blog

Gaji 3 juta ingin punya rumah? Begini Cara Menyiasatinya!

Semua orang pastinya ingin memiliki hunian sendiri, apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga. Hunian (rumah) adalah tempat untuk berkumpulnya semua anggota keluarga. Namun seperti yang kita tahu, memiliki rumah sendiri bukanlah hal yang mudah saat ini karena harganya selalu naik.
Bahkan bagi sebagian orang memiliki rumah menjadi hal yang tidak mungkin mengingat gaji yang diterima setiap bulannya sangatlah terbatas alias pas-pasan. Keadaan ekonomi yang tidak stabil kerap kali menjadi penghalang dan membuat orang tersebut merasa kurang percaya diri untuk mewujudkan impiannya mempunyai hunian.
Bagi yang memiliki gaji pas-pasan, jangan langsung berkecil hati atau bahkan putus asa jika ada orang yang menganggap “tidak mampu” untuk membeli rumah. Bahkan Anda bisa beli dengan gaji 3 juta ingin punya rumah!
Cobalah terapkan beberapa tips menyiasati gaji pas pasan untuk memiliki hunian berikut ini. Tips beli rumah dengan gaji pas pasan 1. Merencanakan Keuangan Melakukan perencanaan keuangan…

7 Tanaman Hias Indoor ini Mampu Hidup Baik di Lingkungan Apartemen

Alam merupakan kebutuhan utama manusia. Lingkungan yang sehat dapat membantu menghilangkan kita menghilangkan kepenatan sehari-hari. Oleh karena itu ada baiknya jika kita menghiasi rumah kita dengan tanaman hias, baik tanaman indoor maupun outdoor.
Namun khusus untuk ditanaman di apartemen, maka tanaman indoor lebih cocok dan lebih fleksibel untuk ditanaman dimanapun.
Ciri tanaman indoor adalah tanaman tersebut mampu bertahan di tempat yang pencahayaannya kurang.
Berikut ini merupakan 7 jenis tanaman hias indoor yang cocok ditanam di apartemen: 1. Peace Lily
Bunga peace lily atau( spathipyllum sp) merupakan tanaman indoor yang cocok ditanam di apartemen. Tanaman ini dapat bertahan dalam pencahayaan yang sedikit, di bawah suhu 27 derajat celcius.
Tanaman hias ini hanya membutuhkan penyiraman seminggu sekali, dan dapat tumbuh dengan baik di bawah penyinaran lampu neon, hal ini menjadikannya tanaman peace lily pilihan yang tepat untuk diletakkan di kamar mandi.
Namun akan lebih baik jika…

Cerita Dibalik Hilangnya Angka 4 dan 13 di Lift

Anda yang sering datang atau memiliki aktivitas rutin di gedung pencakar langit tentu sudah tidak asing lagi jika tak melihat angka 4 atau 13 di lift. Angka-angka ini sering kali dihapus dari urutan atau diganti dengan angka lain seperti 3B.
Jika Anda mengira bahwa ini adalah kesalahan developer, Anda salah besar! Hilangnya angka 4 dan 13 pada lift merupakan hal yang sengaja dilakukan untuk mengindari terjadinya hal-hal buruk yang tidak diinginkan.
Hal ini didasari oleh mitos-mitos dan misteri yang beredar. Penasaran? Yuk, simak ulasan di bawah ini sampai tuntas!
Misteri Angka 4
Pertama, kita akan membahas mengenai hilangnya angka 4 pada lift. Kira-kira kenapa ya?
1. Angka 4 Dikaitkan dengan ‘Kematian’
Dalam Bahasa Mandarin, kata empat disebut dengan “shi” yang pelafalannya mirip dengan kata “mati”. Hal inilah yang membuat angka 4 dianggap sebagai angka sial dan dapat memberikan dampaknegatif bagi developer ataupun investor.
2. Kursi yang Terbalik
Jika Anda menuliskan angka 4 pada secarik ker…