Ini Alasan Petingnya Mengasuransikan Apartemen


Ini Alasan Petingnya Mengasuransikan Apartemen

Asuransi properti merupakan salah satu jenis asuransi yang memberikan banyak manfaat namun masih sangat minim peminat. Hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian dan wawasan mengenai keuntungan-keuntungan tersebut.

Asuransi properti sendiri adalah jenis perlindungan yang bertujuan mengantisipasi kerugian finansial dan meminimalisir risiko yang timbul akibat kejadian tak terduga yang menimpa properti seperti bencana alam, kebakaran, pencurian dan lainnya.

Asuransi properti terbagi 2 yaitu PAR (Property All Risk) dan PSAKI (Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia). PAR menjamin seluruh risiko yang terjadi pada harta benda yang dipertanggungkan. Sedangkan, PSAKI merupakan polis standar yang dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) untuk asuransi kebakaran.

Manfaat Asuransi Properti


Keuntungan yang didapat dengan mengasuransikan properti adalah perlindungan terhadap sejumlah risiko yang mengancam properti, seperti kebakaran, kejatuhan pesawat terbang, banjir, gempa bumi, angin, ledakan, huru hara hingga pencurian.

Selain properti terkait, perusahaan asuransi juga akan menjamin perlindungan terhadap segala harta benda di dalam hunian lho.

Asuransi Properti untuk Apartemen


Asuransi properti untuk rumah tapak mungkin sudah tak asing. Tapi, bagaimana dengan apartemen? Apakah hunian vertikal ini juga harus diasuransikan?

Sebenarnya, berdasarkan PP Pasal 70 No. 4 tahun 1988 tentang rumah susun dan hunian menyatakan bahwa setiap apartemen sudah dilengkapi asuransi dari badan pengelola.

Selanjutnya, dalam PP No. 4/1988 Pasal 61 ayat (2) mengatakan bahwa setiap penghuni berkewajiban untuk:

1. Mematuhi dan melaksanakan peraturan tata tertib dalam rumah susun dan lingkungannya sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga;
2. Membayar iuran pengelolaan dan premi asuransi kebakaran;
3. Memelihara rumah susun dan lingkungannya termasuk bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama.

Kelemahan dari asuransi ini adalah jaminan perlindungan hanya diperuntukan kepada properti sehingga tidak ada jaminan atau ganti rugi terhadap harta benda di dalamnya.

Lain halnya jika Anda membeli polis asuransi properti untuk apartemen. Jika terjadi hal-hal tak terduga seperti kebakaran atau pencurian, maka barang-barang yang hilang akan digantikan. Namun, manfaat-manfaat tersebut bisa diperoleh tergantung pada polis yang dibeli.

Mengasuransikan hunian tentu akan membuat kita merasa lebih aman dan mengurangi rasa khawatir atas musibah yang akan melanda.

Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan kondisi keuangan sebelum membeli asuransi karena nantinya aka nada biaya premi yang harus dibayarkan secara rutin.

Comments

Popular posts from this blog

Gaji 3 juta ingin punya rumah? Begini Cara Menyiasatinya!

Beli Rumah dengan Gaji Kecil Setelah Menikah? Ini Caranya!

Ini Dia Mitos dan Fakta Investasi Apartemen yang Jarang Orang Tau