Skip to main content

Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Investasi Properti!




Jenis investasi memang banyak, namun kini yang paling banyak diminati oleh para investor adalah jenis investasi properti. Tak heran, karena  setiap orang butuh rumah tinggal, baik itu rumah tapak maupun rumah susun.

Rumah merupakan kebutuhan primer, impian dan kebutuhan setiap orang, apalagi dengan melihat jumlah penduduk di Indonesia yang berjumlah lebih dari 250 juta penduduk dan masih akan terus bertambah, peluang properti sebagai investasi menjanjikan pun tentu terbuka lebar.

Tak hanya itu, harga tanah yang akan selalu naik setiap tahun dan investasi properti yang memiliki risiko kecil menjadi alasan para investor memilih jenis investasi ini. Menjalankan investasi properti tidaklah mudah, banyak hal yang harus diperhatikan.

Jika Anda berminat investasi properti, berikut beberapa hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

Do: Rencanakan Tujuan Investasi

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat perencanaan tujuan investasi dengan matang dan buatlah komitmen bahwa investasi properti adalah langkah terbaik untuk mencapai tujuan finansial di masa depan.

Don’t: Menghabiskan Uang Untuk Seminar

Jangan terlalu sering mengikuti seminar, tetapi Anda tidak mengaplikasikannya lebih lanjut. Tentunya hal ini akan menjadi sia-sia, pastikan ilmu yang Anda dapatkan dari mengikuti seminar diterapkan saat menjalani bisnis investasi properti ini.

Do: Lihat Banyak Properti

Ini adalah salah satu tips memilih apartemen yang perlu Anda perhatikan. Cobalah untuk tidak terpaku pada satu properti saja. Cari referensi properti sebanyak mungkin demi meminimalisir terjadinya kerugian bahkan kekecewaan di kemudian hari.

Don’t: Menunda Program Investasi

Jika Anda sudah siap untuk menjalankan investasi properti, bersegeralah. Jangan sampai Anda menunda investasi hanya untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terlalu penting. Semakin Anda investasi diusia dini, semakin banyak pula keuntungan yang bisa didapatkan.

Do: Analisa Keuangan Menyeluruh

Lakukan analisa keuangan terlebih dahulu, hal ini sangat penting untuk Anda lakukan. Jangan sampai Anda membeli  properti dengan harga lebih tinggi dari harga hasil analisa. Tentunya hal ini akan memberi keuntungan untuk Anda bukan?

Ada beberapa hal penting yang wajib diketahui saat memulai investasi properti, seperti laba bersih, ROI, Cap rate, total ROI. Dalam setiap kasus, "investasi" mengacu pada berapa banyak modal Anda pada properti tersebut.

Setelah memahami angka-angka ini, Anda harus memiliki cukup informasi untuk menentukan apakah properti tersebut sesuai dengan tujuan keuangan atau tidak.


Don’t: Membeli Properti Dari Pemilik yang Tidak Ingin Jual

Hal terakhir, jangan pernah memaksa pemilik untuk menjual propertinya! Karena dipastikan Anda tidak akan mendapat harga yang paling sesuai dengan keinginan.

Sudah siap untuk investasi properti? Itulah sejumlah hal yang harus dilakukan dan jangan dilakukan saat akan investasi properti.

Comments

Popular posts from this blog

Gaji 3 juta ingin punya rumah? Begini Cara Menyiasatinya!

Semua orang pastinya ingin memiliki hunian sendiri, apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga. Hunian (rumah) adalah tempat untuk berkumpulnya semua anggota keluarga. Namun seperti yang kita tahu, memiliki rumah sendiri bukanlah hal yang mudah saat ini karena harganya selalu naik.
Bahkan bagi sebagian orang memiliki rumah menjadi hal yang tidak mungkin mengingat gaji yang diterima setiap bulannya sangatlah terbatas alias pas-pasan. Keadaan ekonomi yang tidak stabil kerap kali menjadi penghalang dan membuat orang tersebut merasa kurang percaya diri untuk mewujudkan impiannya mempunyai hunian.
Bagi yang memiliki gaji pas-pasan, jangan langsung berkecil hati atau bahkan putus asa jika ada orang yang menganggap “tidak mampu” untuk membeli rumah. Bahkan Anda bisa beli dengan gaji 3 juta ingin punya rumah!
Cobalah terapkan beberapa tips menyiasati gaji pas pasan untuk memiliki hunian berikut ini. Tips beli rumah dengan gaji pas pasan 1. Merencanakan Keuangan Melakukan perencanaan keuangan…

7 Tanaman Hias Indoor ini Mampu Hidup Baik di Lingkungan Apartemen

Alam merupakan kebutuhan utama manusia. Lingkungan yang sehat dapat membantu menghilangkan kita menghilangkan kepenatan sehari-hari. Oleh karena itu ada baiknya jika kita menghiasi rumah kita dengan tanaman hias, baik tanaman indoor maupun outdoor.
Namun khusus untuk ditanaman di apartemen, maka tanaman indoor lebih cocok dan lebih fleksibel untuk ditanaman dimanapun.
Ciri tanaman indoor adalah tanaman tersebut mampu bertahan di tempat yang pencahayaannya kurang.
Berikut ini merupakan 7 jenis tanaman hias indoor yang cocok ditanam di apartemen: 1. Peace Lily
Bunga peace lily atau( spathipyllum sp) merupakan tanaman indoor yang cocok ditanam di apartemen. Tanaman ini dapat bertahan dalam pencahayaan yang sedikit, di bawah suhu 27 derajat celcius.
Tanaman hias ini hanya membutuhkan penyiraman seminggu sekali, dan dapat tumbuh dengan baik di bawah penyinaran lampu neon, hal ini menjadikannya tanaman peace lily pilihan yang tepat untuk diletakkan di kamar mandi.
Namun akan lebih baik jika…

Cerita Dibalik Hilangnya Angka 4 dan 13 di Lift

Anda yang sering datang atau memiliki aktivitas rutin di gedung pencakar langit tentu sudah tidak asing lagi jika tak melihat angka 4 atau 13 di lift. Angka-angka ini sering kali dihapus dari urutan atau diganti dengan angka lain seperti 3B.
Jika Anda mengira bahwa ini adalah kesalahan developer, Anda salah besar! Hilangnya angka 4 dan 13 pada lift merupakan hal yang sengaja dilakukan untuk mengindari terjadinya hal-hal buruk yang tidak diinginkan.
Hal ini didasari oleh mitos-mitos dan misteri yang beredar. Penasaran? Yuk, simak ulasan di bawah ini sampai tuntas!
Misteri Angka 4
Pertama, kita akan membahas mengenai hilangnya angka 4 pada lift. Kira-kira kenapa ya?
1. Angka 4 Dikaitkan dengan ‘Kematian’
Dalam Bahasa Mandarin, kata empat disebut dengan “shi” yang pelafalannya mirip dengan kata “mati”. Hal inilah yang membuat angka 4 dianggap sebagai angka sial dan dapat memberikan dampaknegatif bagi developer ataupun investor.
2. Kursi yang Terbalik
Jika Anda menuliskan angka 4 pada secarik ker…