Skip to main content

Mau Renovasi Rumah? Simak 6 Cara Menghemat Anggaran Berikut ini!


Renovasi rumah merupakan hal yang menyenangkan sekaligus menantang, pasalnya jika kita tidak berhati-hati, bisa saja kita ingin merenovasi seluruh bagian rumah, dan jika itu terjadi anggaran renovasi rumah Anda akan membengkak, oleh karena itu pengetahuan tentang cara renovasi rumah murah mutlak diperlukan, supaya apa yang sudah dianggarkan bisa tercapai dengan maksimal.
Jika memiliki budget yang terbatas, Anda bisa mengikuti 6 cara hemat membuat anggaran renovasi rumah ala H City Sawangan berikut ini.

1. Buat Skala Prioritas Supaya Renovasi Tidak Membengkak

Jika Anda mengikuti kata hati atau saran dari tukang, bisa jadi renovasi rumah Anda baru setengah selesai namun biaya yang dimiliki sudah habis. Oleh karena itu membuat skala prioritas merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum renovasi rumah. Misalnya jika tujuan awalnya membuat satu kamar tidur untuk anak, maka lakukan sesuai rencana. Godaan biasanya muncul dengan adanya keinginan menambah buffet kecil, meja belajar anak, membuat wallpaper bernuansa anak, dan sebagainya. Jika Anda tidak fokus pada skala prioritas, biaya yang akan dikeluarkan jadi membengkak. Sedangkan budget yang dimiliki terbatas.

2. Gunakan Bahan Bekas yang Masih Bisa Dimanfaatkan tapi Tetap Berkualitas

Selama renovasi rumah, pakailah bahan bangunan lama yang masih bisa dipakai. Jadi Anda tak perlu membeli bahan baru jika masih ada bahan lama yang layak. Ini bisa menjadi bentuk penghematan. Tapi jika tidak ada, pastikan Anda membeli bahan berkualitas tapi harganya bisa dinego. Meskipun biayanya agak mahal tetapi ketahanan rumah akan lebih terjamin hingga 10 atau 20 tahun.

3. Hitung Volume Harga Pengerjaan

Lakukan perhitungan anggaran terperinci dengan cara menghitung volume dan harga-harga dari seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan. Jika Anda disiplin dalam melakukan ini maka nilai bangunan  Anda akan maksimal, biaya hemat hasil terlihat bagus.
Sekedar mengingatkan kembali, cara penghitungan biaya renovasi adalah dengan menyusun semua komponen pekerjaan mulai dari tahapan awal pembangunan sampai dengan tahapan penyelesaian pekerjaan. Komponen pekerjaan secara rinci misalnya pembersihan lahan, cut and fill, pagar pengaman, mobilisasi, dan demobilisasi, kemudian dilanjutkan dengan pekerjaan sipil seperti pembangunan pondasi, sloof, kolom, dinding dan rangka penutup atap mempunyai komponen standar perhitungan biaya.

4. Ajak Toko Material Sebagai Rekanan

Banyak toko bangunan yang memberikan kemudahan bagi calon pembeli yang akan melakukan renovasi dengan cara mengangsur untuk pembelian material bangunan di toko mereka. Kedua belah saling diuntungkan, di mana pembeli bisa mengalokasikan dana renovasi secara bertahap sedangkan pemilik toko juga terbantu dengan pembelian stock secara rutin untuk memenuhi target penjualan stock dari supplier mereka. Untuk bisa jalan dengan sistem pembayaran tempo ini, Anda harus kenal baik dengan toko material tersebut.

5. Pekerjakan Jasa Tukang yang Profesional dan Solid

Daripada merugi, lebih baik pekerjakan orang yang sudah ahli di bidangnya dan siap bertanggung jawab terhadap segala detail proyek pembangunan. Pekerja ini sudah termasuk dalam tim pengecatan, pemagaran, lanskap, perakitan dapur, pekerjaan ubin, dan sebagainya.

6. Hemat dengan Ide Kreatif dan Furnitur DIY


Buat kreatifitas Anda jadi nyata melalui furnitur DIY yang akan menghiasi rumah. Furnitur do it yourself akan sangat menghemat pengeluaran dan rumah minimalis bisa semakin indah dan cantik meskipun menggunakan bahan-bahan hemat.

Comments

Popular posts from this blog

Gaji 3 juta ingin punya rumah? Begini Cara Menyiasatinya!

Semua orang pastinya ingin memiliki hunian sendiri, apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga. Hunian (rumah) adalah tempat untuk berkumpulnya semua anggota keluarga. Namun seperti yang kita tahu, memiliki rumah sendiri bukanlah hal yang mudah saat ini karena harganya selalu naik.
Bahkan bagi sebagian orang memiliki rumah menjadi hal yang tidak mungkin mengingat gaji yang diterima setiap bulannya sangatlah terbatas alias pas-pasan. Keadaan ekonomi yang tidak stabil kerap kali menjadi penghalang dan membuat orang tersebut merasa kurang percaya diri untuk mewujudkan impiannya mempunyai hunian.
Bagi yang memiliki gaji pas-pasan, jangan langsung berkecil hati atau bahkan putus asa jika ada orang yang menganggap “tidak mampu” untuk membeli rumah. Bahkan Anda bisa beli dengan gaji 3 juta ingin punya rumah!
Cobalah terapkan beberapa tips menyiasati gaji pas pasan untuk memiliki hunian berikut ini. Tips beli rumah dengan gaji pas pasan 1. Merencanakan Keuangan Melakukan perencanaan keuangan…

7 Tanaman Hias Indoor ini Mampu Hidup Baik di Lingkungan Apartemen

Alam merupakan kebutuhan utama manusia. Lingkungan yang sehat dapat membantu menghilangkan kita menghilangkan kepenatan sehari-hari. Oleh karena itu ada baiknya jika kita menghiasi rumah kita dengan tanaman hias, baik tanaman indoor maupun outdoor.
Namun khusus untuk ditanaman di apartemen, maka tanaman indoor lebih cocok dan lebih fleksibel untuk ditanaman dimanapun.
Ciri tanaman indoor adalah tanaman tersebut mampu bertahan di tempat yang pencahayaannya kurang.
Berikut ini merupakan 7 jenis tanaman hias indoor yang cocok ditanam di apartemen: 1. Peace Lily
Bunga peace lily atau( spathipyllum sp) merupakan tanaman indoor yang cocok ditanam di apartemen. Tanaman ini dapat bertahan dalam pencahayaan yang sedikit, di bawah suhu 27 derajat celcius.
Tanaman hias ini hanya membutuhkan penyiraman seminggu sekali, dan dapat tumbuh dengan baik di bawah penyinaran lampu neon, hal ini menjadikannya tanaman peace lily pilihan yang tepat untuk diletakkan di kamar mandi.
Namun akan lebih baik jika…

Cerita Dibalik Hilangnya Angka 4 dan 13 di Lift

Anda yang sering datang atau memiliki aktivitas rutin di gedung pencakar langit tentu sudah tidak asing lagi jika tak melihat angka 4 atau 13 di lift. Angka-angka ini sering kali dihapus dari urutan atau diganti dengan angka lain seperti 3B.
Jika Anda mengira bahwa ini adalah kesalahan developer, Anda salah besar! Hilangnya angka 4 dan 13 pada lift merupakan hal yang sengaja dilakukan untuk mengindari terjadinya hal-hal buruk yang tidak diinginkan.
Hal ini didasari oleh mitos-mitos dan misteri yang beredar. Penasaran? Yuk, simak ulasan di bawah ini sampai tuntas!
Misteri Angka 4
Pertama, kita akan membahas mengenai hilangnya angka 4 pada lift. Kira-kira kenapa ya?
1. Angka 4 Dikaitkan dengan ‘Kematian’
Dalam Bahasa Mandarin, kata empat disebut dengan “shi” yang pelafalannya mirip dengan kata “mati”. Hal inilah yang membuat angka 4 dianggap sebagai angka sial dan dapat memberikan dampaknegatif bagi developer ataupun investor.
2. Kursi yang Terbalik
Jika Anda menuliskan angka 4 pada secarik ker…