Mau Menyewa Apartemen? 5 Hal ini Harus Anda Perhatikan!


Mau Menyewa Apartemen? 5 Hal ini Harus Anda Perhatikan!

Tinggal di apartemen sewaan kini menjadi pilihan bagi beberapa orang. Alasannya pun beragam. Mulai dari harga apartemen yang masih terlalu tinggi, hingga pekerjaan atau aktivitas yang tidak memungkinkan untuk menetap lama di suatu lokasi.

Sama halnya dengan membeli, menyewa apartemen juga harus mempertimbangkan beberapa hal agar apartemen yang dihuni dapat membuat Anda nyaman. Lalu, apa sajakah hal tersebut? Berikut penjelasannya.

Budget

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah sesuaikan harga apartemen dengan budget yang dimiliki. Perlu Anda perhatikan bahwa saat tinggal di apartemen sewaan, tak hanya biaya sewa saja yang harus Anda bayarkan, namun juga biaya maintenance (maintenance fee).

Buatlah rencana anggaran sebelum mulai menghuni apartemen. Pastikkan bahwa Anda mampu membayar semua biaya yang sudah ditetapkan. Jika tidak, bisa saja Anda terusir dari apartemen yang ditinggali karena tak sanggup membayar.

Pilih Lokasi yang Tepat

Sama halnya dengan membeli, Anda pun harus memperhatikan lokasi apartemen sebelum memutuskan untuk menyewanya. Pastikan bahwa apartemen yang akan Anda sewa dekat dengan kantor, sekolah, rumah sakit, transportasi umum, dan fasilitas umum lainnya agar Anda tidak kesulitan menjalankan aktivitas sehari-hari.

Buat Perjanjian Sewa

Jangan anggap remeh surat perjanjian sewa. Pasalnya, surat perjanjian itu mencantumkan hal-hal yang menjadi tanggung jawab dan kewajiban dari pihak penyewa ataupun yang menyewakan. Perjanjian tersebut berisi rincian seperti: jumlah uang sewa, masa jangka waktu sewa, biaya-biaya, siapa yang bertanggung jawab terhadap kerusakan, fasilitas apa saja yang menjadi hak penghuni, dan lain sebagainya.

Surat perjanjian sewa apartemen ini dibuat 2 salinan di mana masing-masing pihak memegangnya. Tak ketinggalan, surat ini juga memakai materai. Dengan adanya surat tersebut maka secara langsung menjadi bukti legal Anda adalah penghuni unit apartemen.

Cek Unit dengan Seksama

Hal penting lain yang harus Anda lakukan adalah mengecek unit sebelum menempatinya. Jangan sampai Anda kecewa karena apartemen yang akan Anda huni tak sesuai dengan keinginan dan ekspektasi.

Anda bisa memulai dari mengecek saluran air dan toilet, kondisi dinding, listrik, lampu, pendingin ruangan, dan lainnya. Selain interior, Anda juga bisa melakukan pengecekan di area apartemen seperti lorong-lorong. Lihat apakah pengelola menyediakan alat pemadam, tangga darurat, maupun fasilitas pendukung lainnya.

Komunikasikan dengan Pemilik Unit

Komunikasikan apapun mengenai apartemen dengan pemilik unit. Jika sudah yakin dengan unit apartemen yang akan disewa, sebaiknya Anda juga mengkomunikasikan kembali beberapa hal yang sudah Anda setujui bersama dengan pemilik unit. Selain itu, komunikasikan juga dengan pihak pengelola apartemen sehingga tidak ada peraturan dan ketentuan umum yang terlewatkan.

Itulah, 5 hal yang diperhatikan sebelum menyewa apartemen. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda menemukan hunian yang tepat ya. Good luck!

Comments

Popular posts from this blog

Gaji 3 juta ingin punya rumah? Begini Cara Menyiasatinya!

Kenapa Kita Harus Cepat-Cepat Memiliki Rumah?

Tips Menentukan Tenor yang Tepat Saat Mengajukan KPA