5 Trik Cerdas Kumpulkan Uang DP Apartemen dengan Cepat

5 Trik Cerdas Kumpulkan Uang DP Apartemen dengan Cepat

Jika Anda ingin membeli apartemen menggunakan sistem kredit yang disediakan bank (KPA), menyiapkan uang muka atau DP (Down Payment) adalah hal yang mutlak. Besaran dari uang muka ini pun tergantung dari harga apartemen yang akan dibeli. Bank Indonesia (BI) sendiri telah menetapkan DP 15% untuk KPA dari sebelumnya 20% - 30%.

Misalnya, Anda ingin membeli apartemen seharga 900 juta, maka uang DP yang harus Anda siapkan adalah 20% atau sekitar 180 jutaan. Cukup besar bukan?

Karena itulah, Anda harus menyiapkan strategi jitu agar uang DP apartemen bisa cepat terkumpul dan apartemen impian bisa cepat terbeli.

Lalu, bagaimana caranya? Berikut adalah trik jitu kumpulkan uang DP dengan cepat.

Tentukan Apartemen yang Diinginkan

Pertama, tentukan seperti apa apartemen yang ingin Anda huni dan dimana letaknya. Apakah Anda ingin tinggal di apartemen di pusat kota, pinggir kota, atau di daerah penyangga? Faktor ini harus benar-benar Anda perhatikan karena  lokasi sangat berpengaruh pada harga properti.

Selain itu, pastikan lokasi apartemen yang Anda pilih dapat mendukung segala kebutuhan, seperti akses jalannya mudah, fasilitas memadai serta memiliki lingkungan yang baik.

Tentukan Target

Setelah menentukan apartemen yang Anda inginkan, selanjutnya buatlah target kapan Anda akan membeli apartemen tersebut dan kapan uang untuk membayar DP harus terkumpul. Buatlah perhitungan berdasarkan pendapatan dan sesuaikan dengan kenaikan harga properti yang terjadi.

Sebagai contoh, tahun ini DP apartemen yang Anda inginkan sekitar Rp150 juta. Tahun depan kemungkinan DP-nya akan naik minimal Rp15 juta. Berarti dalam tiga tahun Anda harus mengumpulkan Rp200 juta.

Hemat!

Agar uang DP apartemen cepat terkumpul, mulailah merubah gaya hidup yang boros dengan lebih berhemat. Prioritaskan kebutuhan pokok dan tabungan untuk mencapai nominal DP yang sudah ditargetkan. Pemangkasan biaya ini tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan, namun juga harus dipertimbangkan dengan periode waktu sebelum akhirnya harus membayar DP apartemen.

Nabung dan Sisihkan Gaji Bulanan

Menabung merupakan hal wajib yang harus Anda lakukan dalam mengumpulkan uang DP apartemen. Sebisa mungkin sisihkan 10% - 20% gaji untuk menabung DP apartemen sebelum digunakan untuk kebutuhan lain. Namun, jika ingin lebih cepat mengumpulkan uang DP, Anda bisa memperbesar persentase tabungan tersebut menjadi 30%.

Turunkan Standar

Jika selama ini Anda bermimpi membeli apartemen layaknya selebriti dunia namun dana yang dimiliki tidak memungkinkan, sebaiknya mulai buang jauh-jauh impian tersebut. Anda tak harus membeli apartemen mahal untuk bisa mendapatkan hunian yang nyaman.

Masih ada apartemen murah di kawasan Jakarta yang bisa Anda pilih sebagai hunian. Apartemen tersebut adalah AmethystTower Kemayoran.

Amethyst Tower Kemayoran
Amethyst Tower Kemayoran
Apartemen besutan developer HK Realtindo ini dibanderol dengan harga yang sangat murah. Untuk memiliki sebuah unit studio, Anda hanya perlu menyiapkan dana sebesar 450 jutaan saja! Dengan harga semurah ini, maka DP yang harus harus Anda siapkan pun jadi lebih ringan.

Meskipun harganya jauh lebih murah dibanding apartemen di lokasi yang sama, Amethyst Tower memiliki banyak kelebihan yang akan memanjakan para penghuninya. Mulai dari lokasinya yang sangat strategis hingga akses yang mudah ke tol dalam kota dan tol bandara.

Tak hanya itu, apartemen murah di Jakarta Pusat ini juga hanya selangkah menuju JIEXPO Kemayoran dan Central Business District Sudirman-Thamrin sehingga menjadi hunian impian bagi para pekerja di Jakarta yang mencari hunian murah dekat perkantoran.


Nah, itulah beberapa tips sukses cepat mengumpulkan uang DP Apartemen. Tidak terlalu sulit bukan? Yang terpenting adalah bersabar dan tetap fokus pada target sampai target tersebut tercapai. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Gaji 3 juta ingin punya rumah? Begini Cara Menyiasatinya!

5 Benda Ini Dapat Merusak Energi Saat Tidur? Ini Kata Feng Shui

Beli Rumah dengan Gaji Kecil Setelah Menikah? Ini Caranya!