Skip to main content

Tips Menentukan Tenor yang Tepat Saat Mengajukan KPA

Tips Menentukan Tenor yang Tepat Saat Mengajukan KPA

Pembangunan apartemen semakin menjamur karena permintaan yang terus meningkat. Membeli apartemen pun kini bukan lagi hal yang sulit karena adanya sistem pembayaran melalui KPA alias Kredit Pemilikan Apartemen. Dengan adanya sistem ini, Anda yang memiliki penghasilan pas-pasan pun bisa dengan mudah memiliki apartemen.

Namun sebelum mengajukan KPA, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah menentukan jangka waktu atau masatenor yang tepat. Biasanya, beberapa bank sudah memiliki ketetapan sendiri terkait jangka waktu KPA, mulai dari 5 tahun, 10 tahun, hingga 25 tahun. Namun, tenor manakah yang sesuai untuk Anda? Bagaimana cara menentukannya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Usia

Faktor berapa usia Anda saat ini akan berpengaruh terhadap bank dan Anda sendiri tentunya untuk memutuskan mengajukan KPA. Biasanya bank menetapkan usia maksimal mulai dari 55 hingga 65 tahun.

Sebagai contoh, jika Anda mengambil KPA di usia 40 tahun dan ingin mengajukan KPA dengan masa tenor 25 tahun. Kemungkinan pengajuan KPA Anda akan di tolak. Karena itulah selagi masih muda, yuk segera ajukan KPA dan miliki apartemen impian Anda.

Pekerjaan

Penghasilan per bulan yang Anda dapatkan tentunya berasal dari pekerjaan. Nah, jika penghasilan Anda pas-pasan namun stabil, Anda bisa mengambil jangka waktu KPA yang panjang agar lebih ringan. Risikonya, Anda harus menanggung hutang dalam kurun waktu cukup lama.

Rencana Keuangan Masa Depan

Setiap orang pasti memiliki rencana tabungan untuk masa depan, baik untuk keperluan melanjutkan pendidikan, travelling, sampai menikah. Hal ini tentu bukan hal yang salah. Namun, jika Anda ingin mengajukan KPA sekarang, ada baiknya jika Anda memilih tenor KPA yang lebih panjang dengan jumlah cicilan yang stabil untuk memudahkan Anda mencapai hal-hal yang diimpikan di masa depan.

Utang-utang lain


Selain merencakan keuangan masa depan, Anda juga harus memperhitungkan utang-utang lain di luar keperluan biaya apartemen. Jika memiliki cicilan lain seperti kredit motor atau mobil, sebaiknya Anda menyelesaikan utang tersebut dahulu sebelum memutuskan membeli apartemen dengan KPA. Hal ini bertujuan agar nantinya Anda tidak kesulitan untuk melunasi dua kredit sekaligus.

Comments

Popular posts from this blog

Yuk, Rawat Kilau Lantai Marmermu. Begini Caranya!

Lantai marmer sudah lama menjadi primadona para pecinta desain interior. Tak hanya karena warna dan motifnya yang eksklusif sehingga menimbulkan kesan mewah, marmer juga dipilih karena daya tahannya. Meski begitu, lantai marmer juga membutuhkan perawatan khusus lho. Karena merupakan batuan asli yang pada dasarnya memiliki pori, marmer cukup sensitif terhadap cairan yang dapat membuat warnanya pudar atau kusam. Lalu, bagaimana cara menjaga lantai marmer agar tetap berkilau? Berikut adalah beberapa tipsnya. Pel dengan Air Panas Tahukah Anda, mengepel lantai marmer dengan air panas akan lebih efektif dibanding menggunakan air biasa lho. Air panas terbukti lebih baik dalam membersihkan kotoran. Dengan begitu, Anda tidak perlu menggunakan terlalu banyak larutan keras yang justru membuat lantai rusak. Gunakan Detergen dengan pH Netral Penggunaan sabun dengan pH netral ini bertujuan agar lantai marmer tidak mudah rusak. Campurkan detergen dengan air yang sudah dipanaskan

Belum Punya Rencana Weekend? Yuk Coba ke Cafe di Sentul

Akhir pekan memang waktu yang paling sempurna untuk melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Banyak orang menghabiskan akhir pekannya dengan sekedar bercengkrama bersama keluarga atau pergi hangout dengan sahabat. Mengisi akhir pekan tidak selalu harus berdiam di rumah atau pergi ke pusat perbelanjaan saja, Anda bisa mencari alternatif wisata lain yang tentunya tak kalah asik untuk menghabiskan waktu libur. Salah satunya dengan wisata kuliner. Bicara tentang wisata kuliner, Apartemen Olympic Residence berada dekat dengan tempat makan di Sentul, Bogor. Eits, jangan salah! Banyak  cafe di Sentul  yang menarik, lho. Apa aja sih? Yuk simak beberapa rekomendasi berikut ini. 1. Pasar Ah Poong Keindahan dan keunikan Pasar Apung telah menyita perhatian pecinta kuliner, pengunjung salah satu cafe di Sentul ini tidak hanya berasal dari wilayah Bogor saja, melainkan juga berasal dari Jakarta. Pasar Ah Poong (di baca: Pasar Apung) adalah sebuah restoran dengan konsep terbuka

Kemilau Marmer: Poles Marmer Itu Gak Bisa Sembarangan!

Sudah sejak lama jasa poles marmer hadir di Indonesia. Sebagai salah satu jasa yang sangat dibutuhkan di dunia properti, jasa poles marmer dan granit menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan, terlebih diiringi dengan perkembangan properti di Indonesia yang pesat dan terus berkelanjutan membuat banyak orang tertarik untuk menjalankan bisnis ini. Sayangnya, tidak semua teknisi atau pekerjanya bisa melakukannya dengan benar, bahkan tidak jarang teknisi yang tidak mengerti standarnya. Untuk masalah tersebut Kemilau Marmer hadir untuk memberikan solusi. Apa bedanya Kemilau Marmer dengan tukang poles marmer lain? Kemilau Marmer memiliki standar proses kerja internasional yang mana mewajibkan ketelitian dari teknisi. Kemilau Marmer menggunakan tenaga terpilih dan pengerjaan diawasi oleh supervisor yang sudah berpengalaman mengerjakan dan mengajarkan poles marmer, granit, teraso, keramik, dan jenis lainnya. Kenapa Kemilau Marmer lebih baik? Kemilau Marmer adalah unit usah