Tips Menentukan Tenor yang Tepat Saat Mengajukan KPA

Tips Menentukan Tenor yang Tepat Saat Mengajukan KPA

Pembangunan apartemen semakin menjamur karena permintaan yang terus meningkat. Membeli apartemen pun kini bukan lagi hal yang sulit karena adanya sistem pembayaran melalui KPA alias Kredit Pemilikan Apartemen. Dengan adanya sistem ini, Anda yang memiliki penghasilan pas-pasan pun bisa dengan mudah memiliki apartemen.

Namun sebelum mengajukan KPA, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah menentukan jangka waktu atau masatenor yang tepat. Biasanya, beberapa bank sudah memiliki ketetapan sendiri terkait jangka waktu KPA, mulai dari 5 tahun, 10 tahun, hingga 25 tahun. Namun, tenor manakah yang sesuai untuk Anda? Bagaimana cara menentukannya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Usia

Faktor berapa usia Anda saat ini akan berpengaruh terhadap bank dan Anda sendiri tentunya untuk memutuskan mengajukan KPA. Biasanya bank menetapkan usia maksimal mulai dari 55 hingga 65 tahun.

Sebagai contoh, jika Anda mengambil KPA di usia 40 tahun dan ingin mengajukan KPA dengan masa tenor 25 tahun. Kemungkinan pengajuan KPA Anda akan di tolak. Karena itulah selagi masih muda, yuk segera ajukan KPA dan miliki apartemen impian Anda.

Pekerjaan

Penghasilan per bulan yang Anda dapatkan tentunya berasal dari pekerjaan. Nah, jika penghasilan Anda pas-pasan namun stabil, Anda bisa mengambil jangka waktu KPA yang panjang agar lebih ringan. Risikonya, Anda harus menanggung hutang dalam kurun waktu cukup lama.

Rencana Keuangan Masa Depan

Setiap orang pasti memiliki rencana tabungan untuk masa depan, baik untuk keperluan melanjutkan pendidikan, travelling, sampai menikah. Hal ini tentu bukan hal yang salah. Namun, jika Anda ingin mengajukan KPA sekarang, ada baiknya jika Anda memilih tenor KPA yang lebih panjang dengan jumlah cicilan yang stabil untuk memudahkan Anda mencapai hal-hal yang diimpikan di masa depan.

Utang-utang lain


Selain merencakan keuangan masa depan, Anda juga harus memperhitungkan utang-utang lain di luar keperluan biaya apartemen. Jika memiliki cicilan lain seperti kredit motor atau mobil, sebaiknya Anda menyelesaikan utang tersebut dahulu sebelum memutuskan membeli apartemen dengan KPA. Hal ini bertujuan agar nantinya Anda tidak kesulitan untuk melunasi dua kredit sekaligus.

Comments

Popular posts from this blog

Gaji 3 juta ingin punya rumah? Begini Cara Menyiasatinya!

Kenapa Kita Harus Cepat-Cepat Memiliki Rumah?