Beli Rumah dengan Gaji Kecil Setelah Menikah? Ini Caranya!

Beli Rumah dengan Gaji Kecil Setelah Menikah? Ini Caranya!

Bagi Anda yang baru menikah atau memiliki rencana untuk segera menikah, masih bingung mau tinggal dimana? Tentunya Anda dan pasangan ingin memiliki hunian sendiri. Apartemen atau rumah akan menjadi target yang mesti dicapai. Namun apakah cita-cita itu dapat tercapai dengan waktu yang singkat? Tentu saja bisa! Begini caranya:

1. Diskusikan Kebutuhan Prioritas

Setelah menikah, jumlah kebutuhan akan semakin bertambah. Begitu juga dengan pengeluaran yang akan semakin meningkat dari biasanya. Oleh karena itu, diskusi tentang kebutuhan mana yang akan diprioritas diperlukan agar pengeluaran utama dapat dicapai saat sudah berkeluarga seperti untuk belanja bulanan, listrik dan transportasi. Sehingga gaji yang dimiliki cukup disisihkan untuk memulai cicilan membeli rumah setiap bulannya.

2. Buat Tabungan Khusus

Menyisihkan uang dari gaji bulanan belum tentu cukup untuk bisa membeli rumah lebih cepat. Sebelum menikah tentunya Anda telah memiliki tabungan tersendiri. Namun, setelah menikah ada baiknya jika kalian membuat tabungan khusus yang digunakan untuk rencana berdua kedepannya. Dengan adanya tabungan khusus yang bertujuan untuk hal-hal yang dirioritaskan akan memudahkan Anda dan pasangan untuk menyisihkan dana yang akan digunakan untuk mencicil rumah.

3. Buat Anggaran Bersama

Belanja bulanan merupakan hal yang lazim dilakukan setiap pasangan. Tidak adanya rencana pembelian akan menyebabkan kalian kalut dalam berbelanja, sehingga tanpa disadari kebutuhan yang tidak terlalu diperlukan juga dibeli. Anggaran bersama tentang kebutuhan serta perkiraan harga untuk barang yang akan dibeli dapat mencegah terlalu tingginya pengeluaran dan mempercepat pengumpulan dana untuk membeli rumah.

4. Gunakan Asuransi Kesehatan

Dengan adanya asuransi kesehatan, pengeluaran yang tidak diperlukan dapat dicegah, dan meringankan biaya yang dikeluarkan apabila Anda dan pasangan harus dilarikan ke rumah sakit. Juga guna menyisihkan uang dari gaji yang minim dapat terlaksana dengan mudah.

5. Pertimbangan Kredit

Jika dalam membeli apartemen ada yang namanya KPA (Kredit Pemilikan Apartemen), maka dalam membeli rumah ada pula fasilitas KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Dengan memanfaatkan program KPR, Anda bisa mendapatkan rumah dengan bunga rendah dari bank. Hal tersebut bertujuan agar setelah menikah Anda dapat langsung menempati rumah baru bersama pasangan. Namun, besaran pinjaman harus tetap diperhatikan, yaitu tidak lebih dari 30% jumlah penghasilan agar Anda tidak terbebani saat membayar cicilan rumah.


Nah itulah beberapa cara mudah untuk segera membeli rumah setelah menikah. Tetap semangat dalam mengelola gaji dan menabung untuk kebutuhan di masa yang akan datang, sehingga cita-cita membeli rumah dapat tercapai.

Comments

Popular posts from this blog

Gaji 3 juta ingin punya rumah? Begini Cara Menyiasatinya!

5 Benda Ini Dapat Merusak Energi Saat Tidur? Ini Kata Feng Shui