Ini ‘Untung-Rugi’-nya Punya Apartemen Tipe Studio

Ini ‘Untung-Rugi’-nya Punya Apartemen Tipe Studio

Apartemen merupakan salah satu jenis hunian yang kini makin banyak ditawwarkan oleh para pengembang. Semakin terbatasnya lahan dan mahalnya harga rumah menjadi alasan pembangunan apartemen terus berkembang pesat. Tujuannya tentu adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan hunian yang juga semakin meningkat.

Nah, salah satu tipe apartemen yang paling banyak diminati adalah studio. Apartemen tipe studio sendiri hanya terdiri dari satu ruangan multifungsi, mencakup kamar tidur, ruang tv, ruang makan, ruang kerja, dapur, dan sebuah kamar mandi. Hal inilah yang menjadi daya tarik bagi para pekerja single dan tidak tinggal dengan orang tua ataupun bagi pasangan yang baru menikah.

Lalu, apa lagi sih keuntungan dari tinggal di apartemen studio?

Hemat di Kantong

Siapa sih yang tidak mau membeli hunian dengan midal yang terjangkau? Ya, apartemen studio banyak diminati oleh masyarakat karena haranya yang relative murah jika dibandingkan dengan tipe lainnya. Selain itu, biaya maintenance apartemen pun tak terlalu mahal karena biaya ini biasanya dihitung tergantung luasan ruangan.

Mudah Dibersihkan

Karena ukuran apartemen studio hanya berkisar antara 20-30 m2, Anda tidak akan membutuhkan waktu lama untuk bersih-bersih. Mungkin dalam waktu 20 menit saja, Anda sudah akan selesai membersihkan debu, menyapu, bahkan mengepel ruangan.

Menantang Anda Untuk Lebih Kreatif

Ukuran ruangan yang terbatas mengharuskan Anda untuk lebih kreatif dalam merancang desain interior apartemen studio. Ada baiknya jika Anda tidak membawa banyak perabot ke dalam apartemen karena hal ini akan membuat ruangan semakin sempit. Nah, untuk menambahkan kesan luas,  cobalah gunakan warna cerah pada cat dinding dan perabot, serta pilihlah furnitur yang multifungsi.

Praktis dan Ringkas

Apartemen tipe studio adalah solusi tepat bagi Anda yang ingin hidup sendiri dengan praktis dan ringkas. Hal ini karena dalam sebuah apartemen biasanya pengembang sudah menyediakan fasilitas yang mumpuni sehingga Anda tidak akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Aktivitas Jadi Serba Cepat

Dengan konsep satu ruangan, segala aktivitas dalam apartemen studio tentunya menjadi lebih cepat karena Anda bisa melakukan dua kegiatan sekaligus. Misalnya Anda sedang beristirahat, tapi seketika Anda merasa lapar. Dapur yang sebelahan dengan kamar tidur memudahkan Anda untuk mengambil makanan.

Tapi, dibalik segala keuntungan pasti ada kekurangan. Lalu, apa saja kekurangan dari tinggal di apartemen?

Ruang Gerak Terbatas

Ukuran ruangan yang kecil menyebabkan ruang gerak menjadi terbatas. Hal ini juga membuat Anda tidak bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan di rumah tapak, seperti olahraga indoor atau yoga sehingga Anda harus pintar-pintar mengatur cara untuk bisa melakukannya.

Tidak Bisa Membawa Banyak Teman

Jika Anda berpikir untuk membawa banyak teman ke dalam apartemen, ada baiknya jika Anda pikirkan ulang rencana tersebut. Pasalnya, ruang apartemen yang kecil mungkin hanya cukup untuk 1-2 orang saja sehingga membawa teman lebih dari jumlah tersebut sepertinya kurang tepat. Hal ini mungkin akan membuat Anda sedikit bosan. Namun, Anda tetap bisa merencanakan untuk berkumpul bersama teman di tempat lain.


Setelah memahami kekurangan dan kelebihan apartemen tipe studio, tentu sekarang Anda bisa semakin bijak dan cerdas dalam memilih tempat tinggal yang cocok untuk Anda. Pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan dengan tetap memprioritaskan kenyamanan.

Comments

Popular posts from this blog

Gaji 3 juta ingin punya rumah? Begini Cara Menyiasatinya!

Kenapa Kita Harus Cepat-Cepat Memiliki Rumah?

Tips Menentukan Tenor yang Tepat Saat Mengajukan KPA