Skip to main content

10 Istilah Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Jadi Investor


Investasi, apalagi di bidang properti, memang bisnis yang sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan properti selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Tak heran, kini mulai banyak orang yang menggeluti investasi di bidang ini.

Nah, bagi Anda yang berencana menjadi investor properti, ada beberapa istilah yang harus Anda ketahui sebelum terjun ke bisnis ini. Informasi di bawah ini akan membantu Anda untuk lebih mengenal dunia investasi properti sehingga nantinya Anda sukses dan tidak mudah ditipu.

1.     Yield
Yield adalah istilah untuk keuntungan yang dihitung dari nilai sewa per tahun dibagi harga properti. Misalnya, harga properti Rp100 juta sementara harga sewa Rp5 juta per tahun, maka yield properti tersebut 5%.
2.     Okupansi
Dalam investasi properti, istilah okupansi menunjukkan sejumlah unit yang sudah terisi atau disewa dalam sebuah properti. Contohnya seperti gedung apartemen, perkantoran atau pusat perbelanjaan.
3.     Turn Key
Turn key adalah istilah untuk kesepakatan waktu untuk serah terima kunci, misalnya dilakukan oleh kontraktor ke pengembang atau dari pengembang ke pembeli.
4.     Sunrise Property
Sunrise property adalah istilah untuk properti baru yang kenaikan nilainya stabil dan berkembang. Bila mengacu pada lokasi, maka ini mengambarkan kawasan modern direhabilitasi atau daerah baru yang berkembang signifikan.
5.     Sunset Property
Istilah satu ini kebalikan dari sunrise properti, di mana properti cenderung berusia tua, kualitasnya menurun dan biasanya kurang baik secara ekonomi. Secara lokasi, menggambarkan kawasan yang kurang mendukung, seperti akses sulit, lingkungan tidak aman dan sebagainya.
6.     Capital Gain
Istilah capital gain berarti keuntungan yang di dapat oleh investor dari adanya kenaikan harga properti. Keuntungan tersebut dibandingkan dengan harga saat membeli yang tentu lebih murah.
7.     Booming Property
Booming menggambarkan terjadinya kelonjakan pembelian pada produk atau diibaratkan penjualan sedang laris manis.
8.     Property Crash
Istilah ini digunakan saat menggambarkan kegoncangan properti. Ketidakstabilan ekonomi biasanya menjadi penyebabnya. Situasi ini kemudian membuat harga melonjak tajam atau turun secara drastis.
9.     Return on Investment (ROI)
ROI adalah ukuran untuk menentukan keuntungan atau nilai dari investasi properti. Rumus ROI adalah (laba – investasi) / total investasi x 100%.
10. Loss Transaction
Saat membeli apartemen untuk investasi properti, biasanya ada biaya-biaya yang tidak terlihat dan tak terduga, misalnya pembayaran biaya broker atau marketing, pembayaran pajak PPH, BPHTB, dan lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Yuk, Rawat Kilau Lantai Marmermu. Begini Caranya!

Lantai marmer sudah lama menjadi primadona para pecinta desain interior. Tak hanya karena warna dan motifnya yang eksklusif sehingga menimbulkan kesan mewah, marmer juga dipilih karena daya tahannya. Meski begitu, lantai marmer juga membutuhkan perawatan khusus lho. Karena merupakan batuan asli yang pada dasarnya memiliki pori, marmer cukup sensitif terhadap cairan yang dapat membuat warnanya pudar atau kusam. Lalu, bagaimana cara menjaga lantai marmer agar tetap berkilau? Berikut adalah beberapa tipsnya. Pel dengan Air Panas Tahukah Anda, mengepel lantai marmer dengan air panas akan lebih efektif dibanding menggunakan air biasa lho. Air panas terbukti lebih baik dalam membersihkan kotoran. Dengan begitu, Anda tidak perlu menggunakan terlalu banyak larutan keras yang justru membuat lantai rusak. Gunakan Detergen dengan pH Netral Penggunaan sabun dengan pH netral ini bertujuan agar lantai marmer tidak mudah rusak. Campurkan detergen dengan air yang sudah dipanaskan

Belum Punya Rencana Weekend? Yuk Coba ke Cafe di Sentul

Akhir pekan memang waktu yang paling sempurna untuk melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Banyak orang menghabiskan akhir pekannya dengan sekedar bercengkrama bersama keluarga atau pergi hangout dengan sahabat. Mengisi akhir pekan tidak selalu harus berdiam di rumah atau pergi ke pusat perbelanjaan saja, Anda bisa mencari alternatif wisata lain yang tentunya tak kalah asik untuk menghabiskan waktu libur. Salah satunya dengan wisata kuliner. Bicara tentang wisata kuliner, Apartemen Olympic Residence berada dekat dengan tempat makan di Sentul, Bogor. Eits, jangan salah! Banyak  cafe di Sentul  yang menarik, lho. Apa aja sih? Yuk simak beberapa rekomendasi berikut ini. 1. Pasar Ah Poong Keindahan dan keunikan Pasar Apung telah menyita perhatian pecinta kuliner, pengunjung salah satu cafe di Sentul ini tidak hanya berasal dari wilayah Bogor saja, melainkan juga berasal dari Jakarta. Pasar Ah Poong (di baca: Pasar Apung) adalah sebuah restoran dengan konsep terbuka

Kemilau Marmer: Poles Marmer Itu Gak Bisa Sembarangan!

Sudah sejak lama jasa poles marmer hadir di Indonesia. Sebagai salah satu jasa yang sangat dibutuhkan di dunia properti, jasa poles marmer dan granit menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan, terlebih diiringi dengan perkembangan properti di Indonesia yang pesat dan terus berkelanjutan membuat banyak orang tertarik untuk menjalankan bisnis ini. Sayangnya, tidak semua teknisi atau pekerjanya bisa melakukannya dengan benar, bahkan tidak jarang teknisi yang tidak mengerti standarnya. Untuk masalah tersebut Kemilau Marmer hadir untuk memberikan solusi. Apa bedanya Kemilau Marmer dengan tukang poles marmer lain? Kemilau Marmer memiliki standar proses kerja internasional yang mana mewajibkan ketelitian dari teknisi. Kemilau Marmer menggunakan tenaga terpilih dan pengerjaan diawasi oleh supervisor yang sudah berpengalaman mengerjakan dan mengajarkan poles marmer, granit, teraso, keramik, dan jenis lainnya. Kenapa Kemilau Marmer lebih baik? Kemilau Marmer adalah unit usah