Teliti Rasio Parkir Apartemen Idaman Anda Sebelum Menyesal!



Ketika membeli sebuah hunian tentunya banyak hal yang harus Anda perhatikan. Seperti halnya lokasi, akses, fasilitas, dan masih banyak lagi. Namun satu hal yang seringkali orang lupa untuk memperhatikannya, yaitu tempat parkir.

Jika Anda membeli rumah tapak mungkin ini tak jadi masalah berarti, karena kendaraan bisa diparkirkan di halaman rumah. Namun, bagaimana jika Anda membeli sebuah apartemen?

Ya, tempat parkir memang sangat penting bagi yang memiliki kendaraan pribadi. Bayangkan saja jika Anda tinggal di apartemen tersebut, untuk masuk saja harus mengantri begitu panjang, belum lagi sulitnya mencari tempat parkir. Pastinya, terlalu lama terjebak di basement apartemen akan cukup menyita waktu di tengah aktivitas Anda yang padat, bukan?

Meskipun terlihat sepele, banyak orang yang mengeluhkan soal keberadaan rasio parkir yang tidak sepadan dengan jumlah penghuni ini. Untuk itu, bagi Anda yang sedang melakukan survei hunian, sangat penting mengetahui rasio parkir apartemen yang telah disediakan pengembang.

Menurut peraturan rasio parkir dari Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan, apartemen yang baik memiliki rasio parkir apartemen 1:1. Dengan kata lain, satu parkir mobil untuk satu unit apartemen tergantung luasannya. Tapi tentu saja, semakin banyak tersedia area parkir di apartemen akan semakin baik.

Daftar spot parkir mobil menurut luas lantai bangunan adalah:
  • Kurang dari 50 meter2: 1 mobil/ 5 unit hunian
  • Luas 50-150 meter 2: 1 mobil/ 2 unit hunian
  • Lebih dari 150 meter2: 1 mobil/ 1 unit hunian
Bahkan, pemerintah juga menetapkan peraturan rasio parkir apartemen adalah 25 meter persegi untuk satu buah mobil. Selain rasio parkir, keberadaan pintu masuk juga mesti diperhatikan. Semakin banyak pintu masuk parkiran, maka akan semakin baik karena dapat mengurai kemacetan saat akan keluar masuk tempat parkir.

Hal lainnya yang harus diperhatikan dalam masalah parkir adalah biaya. Masalah biaya ini juga menjadi perhatian, pasalnya ini terkait dengan pengeluaran rutin Anda. Beberapa gedung apartemen tidak memberikan fasilitas parkir secara gratis. Karena itulah Anda harus lebih jeli mencari tahu apakah biaya parkir apartemen idaman Anda sudah sesuai dengan budget bulanan?

Sebaiknya carilah apartemen dengan biaya parkir murah, karena ini bisa membantu menekan pengeluaran bulanan Anda dan juga rasio parkir apartemen sepadan dengan jumlah penghuni.

Comments

Popular posts from this blog

Gaji 3 juta ingin punya rumah? Begini Cara Menyiasatinya!

5 Benda Ini Dapat Merusak Energi Saat Tidur? Ini Kata Feng Shui

Beli Rumah dengan Gaji Kecil Setelah Menikah? Ini Caranya!