6 Kriteria Utama Yang Wajib dimiliki Properti Untuk Investasi

Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah ini berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan pada masa depan.


Kini kegiatan investasi sudah menjadi lahan bisnis tersendiri bagi sebagian orang. Pasalnya Jika dikelola dengan baik, maka bisnis ini akan sangat menguntungkan dan banyaknya objek yang bila diinvestasikan memiliki profit sangat tinggi. Salah satu produknya adalah investasi pada bidang properti.

Nilai investasi yang ditawarkan pada bidang ini terus cenderung menanjak yang pastinya akan mendatangkan keuntungan berkali-kali lipat. Jika dilihat dari jenis propertinya, investasi yang tepat, aman dan menguntungkan adalah berinvestasi pada apartemen. Karena jika Anda melakukan investasi pada bidang properti apartemen, harganya akan terus bergerak meningkat disetiap tahunnya dan peminatnyapun akan selalu bertambah disetiap tahunnya.

Selain harga disetiap tahunnya meningkat, apartemen ini bisa Anda kembangkan dalam bentuk persewaan. Tentunya hal ini akan lebih menguntungkan, bukan?

Namun, ketika Anda akan ber investasi  properti apartemen ada banyak sekali faktor dan kriteria yang perlu Anda incar sebagai hunian investasi. Salah satu faktor utamanya adalah akses lokasi. Tidak hanya itu, ternyata masih banyak lagi kriteria lain di antaranya:

1. Kawasan Bebas Banjir

Keberadaan Apartemen banyaknya terdapat dipusat kota dan sudah kita ketahui bahwa dipusat kota merupakan kawasan yang rawan terhadap bencana banjir. Ketika Anda akan memilih apartemen sebagai investasi, tentunya kawasan ini patut Anda hindari. 

Secara tidak langsung harga investasi dikawasan ini akan terus menurun jika sering terjadinya banjir. Alangkah baiknya Anda memilih apartemen di kawasan lain yang terbebas dari bencana banjir.

2. Dekat Jalan Tol

Setelah kawasan bebas banjir, hal yang perlu Anda perhatikan lagi adalah apartemen dekat jalan tol. Hal ini tentunya akan memiliki nilai investasi yang sangat tinggi dan akan memberikan kemudahan dalam melakukan mobilitas keseharian. Akses yang mudah menjadi kunci utama dari kawasan ini. Apartemen dikawasan ini sangat cocok Anda pilih sebagai bahan pertimbangan investasi dan tentunya akan menjadi prospek investasi menjanjikan dan banyak diminati.

3. Dekat Dengan Fasilitas Umum

Pilihlah apartemen yang dekat dengan fasilitas umum. Seperti rumah sakit, sekolah dan pusat perbelanjaan yang mana hal ini akan menunjang kebutuhan hidup setiap harinya dan kriteria ini tentunya sangat diminati oleh pembeli. 

4. Lingkungan Yang Aman

Sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi pada sebuah apartemen, lakukanlah survey terlebih dahulu terhadap lingkungannya, apakah lingkungan tersebut aman dari kriminalitas atau kejahatan, minimnya aksi vandalisme dan lain sebagainya. 

Tentunya jika kawasan yang Anda pilih terbebas dari hal tersebut. Harga properti dikawasan ini akan memiliki prospek investasi yang menjanjikan. Untuk itu pilihlah apartemen dengan lingkungan yang aman serta memiliki pengamanan yang ketat.

5. Kondisi Bangunan

Perhatikanlah kondisi bangunan sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi, hal ini merupakan salah satu faktor kunci sukses dalam berinvestasi pada bidang properti ini. Bangunan yang telah berusia lebih dari 20 tahun biasanya di kategorikan sebagai bagunan berumur tua. 

Dan bangunan berumur tua biasanya harus memerlukan banyak biaya untuk renovasi yang pastinya akan dapat mempengaruhi kondisi keuangan Anda. Jadi perhatikanlah kondisi bangunan sebelum Anda membelinya, apakah membutuhkan renovasi dengan banyak uang ataukah tidak.

6. Pertumbuhan Lokasi yang Potensial

Kriteria terakhir yaitu, adanya potensi pertumbuhan dari lokasi properti tersebut. Memang benar adanya jika kebanyakan harga properti di Indonesia setiap tahunnya selalu naik. Tetapi tidak semua lokasi properti dapat mengalami kenaikan harga. Jika properti yang ingin Anda beli ada di lokasi yang sulit berkembang, maka properti Anda akan kurang baik untuk di jadikan pilihan investasi.

Nah, seperti itulah kriterian hunian yang wajib Anda incar sebagai investasi masa depan dan tentunya jika hunian yang akan diinvestasikan memenuhi kriteria di atas pastinya akan banyak memiliki banyak peminat.


Comments

Popular posts from this blog

Gaji 3 juta ingin punya rumah? Begini Cara Menyiasatinya!

Beli Rumah dengan Gaji Kecil Setelah Menikah? Ini Caranya!

Ini Dia Mitos dan Fakta Investasi Apartemen yang Jarang Orang Tau