Skip to main content

Investasi Apartemen atau Rumah, Mana yang Lebih Berpotensi Untung?

keuntungan kerugian investasi apartemen dan investasi rumah

Investasi properti memang bukanlah bisnis baru yang sedang tren di Indonesia. Pasalnya, saat ini banyak developer Indonesia yang berlomba-lomba membangun sebuah hunian. Namun meskipun demikian, banyak para calon investor yang masih bingung ketika akan berinvestasi dalam sektor properti, entah itu akan investasi apartemen atau investasi rumah tapak.

Sebenarnya, keduanya memiliki manfaat dan nilai ekonomi yang sama menguntungkan serta memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun menurut Anda, manakah diantara keduanya yang berpotensi tinggi?

Nah, pada artikel ini kita akan membahas tentang investasi apartemen atau investasi rumah yang lebih menguntungkan. Yuk simak sampai bawah.

Pastinya, para pemburu properti memiliki beberapa alasan dalam memilih hunian, seperti lokasi strategis, adalah salah satu alasan kuat mengapa beberapa orang lebih memilih apartemen. Sedangkan halaman, juga salah satu alasan kuat mengapa beberapa orang lebih memilih rumah.

Apabila Anda akan memulai investasi properti, ada baiknya jika mempertimbangkan beberapa perbandingan kelebihan kekurangan investasi rumah atau investasi apartemen berikut ini.

Investasi Rumah Tapak

Terdapat 2 faktor yaitu pendapatan sewa dan pendapatan jual. Dalam pendapatan sewa rumah mungkin tidak begitu signifikan dibanding sewa apartemen. Namun ketika Anda menjualnya, bisa jadi akan cukup mahal jika dilihat dari harga tanah yang terus naik setiap tahun.

Inilah Keuntungan Investasi Rumah:

  1. Mudah dijual.
  2. Dapat dijadikan jaminan kredit bank.
  3. Bebas melakukan renovasi bangunan.
  4. Biaya maintenance per bulan lebih hemat.
  5. Harga jual naik tiap tahun.

Kerugian Investasi Rumah:

  1. Jika salah pilih lokasi akan ada potensi banjir, longsor, dan lainnya yang tidak dapat diprediksi.
  2. Ada biaya perawatan bangunan tiap tahun.
  3. Butuh waktu lama untuk menjualnya (karena faktor lokasi dan bunga KPR tinggi).
  4. Harga sewa lebih kecil dibanding apartemen.
  5. Setiap tahun wajib membayar PBB (Pajak Bumi dan Bangunan).
  6. Harus merenovasi rumah jika penyewa tidak merawatnya dengan baik.
  7. Cenderung jauh dari pusat kota, karena terbatasnya lahan perkotaan.

Potensi Investasi Apartemen

Seperti yang kita tahu, menyewakan apartemen memang memberi potensi pendapatan yang tinggi, apalagi jika lokasi apartemen berada di kawasan strategis dengan fasilitas lengkap. Karena biasanya penghuni apartemen adalah kalangan ekonomi mapan dengan kebutuhan tinggi dan serba praktis. Jadi, telitilah kembali apa yang dibutuhkan pasar dan carilah apartemen yang menyediakan fasilitas selengkap-lengkapnya.

Keuntungan Investasi Apartemen:

  1. Strategis, biasanya lokasi ada di dekat pusat kota, Central Business District maupun dekat tempat pendidikan ternama.
  2. Banyak fasilitas pendukung yang ditawarkan, seperti kolam renang, gym, mini market, restoran, dan lainnya.
  3. Lebih privasi.
  4. Keamanan lebih terjaga selama 24 jam.
  5. Harga sewa lebih besar dibanding rumah.

Kerugian Investasi Apartemen:

  1. Luas bangunan terbatas, tidak cocok untuk tinggal dengan keluarga besar.
  2. Legalitas status penggunaan tanah.
  3. Renovasi terbatas pada interior.
  4. Biaya maintenance per bulan lebih mahal.
Itulah perbedaan kelebihan dan kekurangan investasi apartemen dan rumah tapak. Carilah properti yang berada di lokasi strategis dan Sunrise Property dengan segala fasilitas pendukung lengkap, serta aksesnya sangat mudah. Hal tersebut akan membuat nilai sewa (capital rate) tinggi, cepat laku tersewa, dan membuat cah flow Anda lancar. Ayo pintar berinvestasi!

Comments

  1. wah keren kaa artikel nya.. btw, sekarang sewa apartemen jakarta sudah murah dan mudah lho kaa. Fitur yang bisa didapatkan: foto apartemen dan informasi yang jelas dan lengkap, bisa dibayar bulanan, agen yang professional dan transparan. Yuk cobain tinggal di apartemen idaman mu..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Yuk, Rawat Kilau Lantai Marmermu. Begini Caranya!

Lantai marmer sudah lama menjadi primadona para pecinta desain interior. Tak hanya karena warna dan motifnya yang eksklusif sehingga menimbulkan kesan mewah, marmer juga dipilih karena daya tahannya. Meski begitu, lantai marmer juga membutuhkan perawatan khusus lho. Karena merupakan batuan asli yang pada dasarnya memiliki pori, marmer cukup sensitif terhadap cairan yang dapat membuat warnanya pudar atau kusam. Lalu, bagaimana cara menjaga lantai marmer agar tetap berkilau? Berikut adalah beberapa tipsnya. Pel dengan Air Panas Tahukah Anda, mengepel lantai marmer dengan air panas akan lebih efektif dibanding menggunakan air biasa lho. Air panas terbukti lebih baik dalam membersihkan kotoran. Dengan begitu, Anda tidak perlu menggunakan terlalu banyak larutan keras yang justru membuat lantai rusak. Gunakan Detergen dengan pH Netral Penggunaan sabun dengan pH netral ini bertujuan agar lantai marmer tidak mudah rusak. Campurkan detergen dengan air yang sudah dipanaskan

Belum Punya Rencana Weekend? Yuk Coba ke Cafe di Sentul

Akhir pekan memang waktu yang paling sempurna untuk melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Banyak orang menghabiskan akhir pekannya dengan sekedar bercengkrama bersama keluarga atau pergi hangout dengan sahabat. Mengisi akhir pekan tidak selalu harus berdiam di rumah atau pergi ke pusat perbelanjaan saja, Anda bisa mencari alternatif wisata lain yang tentunya tak kalah asik untuk menghabiskan waktu libur. Salah satunya dengan wisata kuliner. Bicara tentang wisata kuliner, Apartemen Olympic Residence berada dekat dengan tempat makan di Sentul, Bogor. Eits, jangan salah! Banyak  cafe di Sentul  yang menarik, lho. Apa aja sih? Yuk simak beberapa rekomendasi berikut ini. 1. Pasar Ah Poong Keindahan dan keunikan Pasar Apung telah menyita perhatian pecinta kuliner, pengunjung salah satu cafe di Sentul ini tidak hanya berasal dari wilayah Bogor saja, melainkan juga berasal dari Jakarta. Pasar Ah Poong (di baca: Pasar Apung) adalah sebuah restoran dengan konsep terbuka

Kemilau Marmer: Poles Marmer Itu Gak Bisa Sembarangan!

Sudah sejak lama jasa poles marmer hadir di Indonesia. Sebagai salah satu jasa yang sangat dibutuhkan di dunia properti, jasa poles marmer dan granit menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan, terlebih diiringi dengan perkembangan properti di Indonesia yang pesat dan terus berkelanjutan membuat banyak orang tertarik untuk menjalankan bisnis ini. Sayangnya, tidak semua teknisi atau pekerjanya bisa melakukannya dengan benar, bahkan tidak jarang teknisi yang tidak mengerti standarnya. Untuk masalah tersebut Kemilau Marmer hadir untuk memberikan solusi. Apa bedanya Kemilau Marmer dengan tukang poles marmer lain? Kemilau Marmer memiliki standar proses kerja internasional yang mana mewajibkan ketelitian dari teknisi. Kemilau Marmer menggunakan tenaga terpilih dan pengerjaan diawasi oleh supervisor yang sudah berpengalaman mengerjakan dan mengajarkan poles marmer, granit, teraso, keramik, dan jenis lainnya. Kenapa Kemilau Marmer lebih baik? Kemilau Marmer adalah unit usah