Tips Memilih Apartemen yang Ramah Bagi Lansia



Hunian modern apartemen kini diminati banyak orang dan tak hanya diperuntukkan untuk kalangan muda saja. Para manula juga bisa menikmati kenyamanan tinggal di apartemen untuk lansia. Namun, banyak hal yang harus dipertimbangkan, mengingat kemampuan fisik dan psikologi orang tua sudah mengalami penurunan sehingga memerlukan perhatian khusus.

Untuk itu, cobalah lakukan beberapa tips memilih apartemen yang tepat bagi lansia:

1. Pilih Apartemen yang Dekat Fasilitas Umum

Cobalah untuk memilih apartemen dekat dengan fasilitas umum seperti taman, rumah sakit, supermarket, bank, shelter angkutan umum maupun restoran bisa menjadi pilihan ideal bagi Anda.

Fasilitas seperti taman memungkinkan para lansia untuk bisa berinteraksi dengan tetangga apartemen lainnya. Hal ini penting karena interaksi dengan tetangga bisa jadi sistem pendukung tambahan bagi orang tua sehingga tidak merasa kesepian.

2. Menyediakan Fasilitas Rekreasi Pasif

Selain dekat fasilitas umum, cobalah pilih apartemen yang memiliki fasilitas untuk menghilangkan jenuh para lansia dan mendukung untuk kesehatannya. Seperti jalur pejalan kaki yang memadai dan terhubung dengan bangunan apartemen akan memudahkan lansia menikmati jalan santai sebagai rekreasi di sekitar apartemen. Fasilitas lainnya seperti klinik kesehatan, tempat yoga, serta perpustakaan.

Tentunya lansia akan lebih merasa senang bila ada aktivitas menyenangkan yang bisa mereka lakukan serta ada banyak kesempatan untuk bertemu orang.

Dan Anda pun perlu perhatikan fasilitas seperti kolam renang, laundry, pusat kebugaran, fasilitas kesehatan, area luar ruangan, kafe, serta ruang komputer. Tentunya dengan banyaknya fasilitas tersebut lansia dapat melakukan semua aktivitasnya di dalam gedung dengan mudah tanpa perlu pergi jauh.

3. Ukuran Unit Apartemen

Apartemen dengan ukuran yang luas merupakan pilihan ideal bagi keluarga besar. Tapi, hal ini akan cukup merepotkan bagi para lansia. Jarak antar ruangan yang berjauhan membuat orang tua mudah lelah jika harus berjalan bolak-balik dari kamar tidur ke dapur atau ke kamar mandi.

Jika ingin memilih tipe apartemen yang luas, sebaiknya orang tua menempati kamar yang dekat dengan kamar mandi dan berukuran tidak terlalu luas agar bisa menjangkau kebutuhannya dengan mudah.

4. Perhatikan Desain Interior Apartemen

Hal yang terakhir ini perlu juga Anda perhatikan. Desain interior ruangan di dalam apartemen juga perlu mendapat perhatian khusus. Mulai dari pemilihan lantai yang digunakan serta tidak adaya
perbedaan tinggi lantai untuk menghindari insiden terjatuh atau terpeleset.

Anda bisa pilih apartemen yang dilengkapi balkon. Tambahkan meja dan kursi di balkon sebagai tempat untuk lansia rileks di pagi atau sore hari. Pastikan juga kamar mandi mudah diakses menggunakan kursi roda.

Selain itu, agar lansia memiliki tempat santai. Pilihlah apartemen yang dilengkapi balkon sebagai tempat untuk lansia rileks di pagi atau sore hari dan pastikan juga bahwa apartemen yang Anda pilih

memiliki kamar mandi ramah lansia, seperti mudah diakses menggunakan kursi roda dan memakai produk sanitari yang mudah digunakan oleh orang tua dan pilih juga warna cat ruangan dengan warna yang lebih menenangkan.

Itulah seputar informasi mengenai tips memilih apartemen ramah lansia. Tidak semudah yang dibanyangkan bukan? Pastikan Anda memilih apartemen sesuai dengan tips di atas dan prioritaskan kenyamanan serta kemudahan akses untuk lansia agar bisa tinggal dengan nyaman dan menikmati hidup yang berkualitas.

Comments

Popular posts from this blog

Gaji 3 juta ingin punya rumah? Begini Cara Menyiasatinya!

Kenapa Kita Harus Cepat-Cepat Memiliki Rumah?

Tips Menentukan Tenor yang Tepat Saat Mengajukan KPA