Skip to main content

Mau Mulai Investasi Properti? Sudah Tau Istilah-Istilah Ini Belum?


Mau Mulai Investasi Properti? Sudah Tau Istilah-Istilah Ini Belum?

Properti menjadi salah satu sektor investasi yang digemari oleh para investor. Tak heran memang. Besarnya keuntungan yang dijanjikan membuat banyak orang terlena untuk menjalankan bisnis ini.

Namun untuk menjalankan investasi properti, Anda tentunya harus memiliki strategi yang matang agar keuntungan yang didapatkan bisa sesuai harapan. Selain itu, mendalami seluk beluk sektor ini pun menjadi hal yang mutlak untuk dilakukan. Nah, salah satu hal yang harus Anda pahami sebelum terjun ke dunia properti adalah istilah-istilah yang sering digunakan.

Lantas, apa saja istilah properti yang harus Anda ketahui? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Istilah-Istilah dalam Properti

Masterplan

Masterplan merupakan istilah yang menggambarkan rencana pengembangan berskala Besar (Major Area Development) yang dilakukan oleh satu atau beberapa developer yang biasanya dilakukan untuk pengembangan kawasan penyangga.

Sunrise Property

Sunrise property artinya properti baru yang berkembang dan nilainya naik dengan stabil. Jika mengacu pada lokasi, sunrise property terletak di kawasan baru yang berkembang dan stabil, atau kawasan modern yang baru direhabilitasi.

Sunset Property

Kebalikan dari sunrise property, sunset property menunjukkan bahwa properti berusia tua dan kualitasnya jelek. Properti dengan ciri-ciri seperti ini kurang baik secara ekonomi sehingga tidak cocok untuk diinvestasikan.

Capital Gain

Yaitu keuntungan atau laba dari hasil penjualan properti yang nilainya lebih besar dibanding harga pembelian.

Earlybird

Yaitu membeli properti saat baru dipasarkan pengembang.

Superblok

Kawasan superblok atau sering disebut kota mandiri (self contained city) merupakan kawasan yang bertujuan untuk mengintegralkan berbagai fungsi yang ada di dalamnya, mulai dari fasilitas perkantoran, perdagangan, pemukiman, hingga rekreasi. Dilihat dari letaknya yang ada di dalam kota, superblok juga disebut sebagai ‘kota di dalam kota’ atau city within city.

Okupansi

Istilah ini berarti sejumlah unit yang sudah terisi atau disewa dalam sebuah properti. Contohnya seperti gedung apartemen, perkantoran atau pusat perbelanjaan.

AJB

Akta Jual Beli adalah dokumen atau akta yang membuktikan adanya peralihan hak atas aset dari pemilik lama kepada pemilik baru.

Strata Title

Strata title  merupakan hak kepemilikan bersama atas sebuah kompleks bangunan yang terdiri dari hak atas ruang pribadi dan hak bersama atas ruang publik.

Loss Transaction

Loss transaction menunjukkan adanya biaya yang hilang saat membeli properti yang disebabkan biaya-biaya tak terduga, seperti pembayaran pembayaran pajak PPH, BPHTB, dan lainnya.

Booming Property

Booming property menggambarkan kondisi terjadinya peningkatan aktivitas investasi yang tinggi. Dengan kata lain, properti sedang laris manis banyak dibeli banyak orang.

Yield

Istilah ini menunjukkan keuntungan yang didapat yang dihitung dengan membagi nilai sewa per tahun dengan harga properti. Misalnya, harga properti Rp100 juta sementara harga sewa Rp5 juta per tahun, maka yield properti tersebut 5%.

Mixed-Use Development

Artinya di dalam proyek properti terdapat beberapa fungsi, seperti hunian, komersial, dan perkantoran.

Cost and Fee

Merupakan sistem yang diberlakukan kontraktor untuk pengerjaan pembangunan suatu proyek berdasarkan bagi hasil, dimana harga material, desain dan upah tenaga kerja mengikuti atau dapat berubah selama proyek belum selesai.

Broker

Broker adalah individu atau perusahaan yang bertindak sebagai perantara jual dan beli properti.

Agen Properti

Orang yang bertugas mencari listing dan menjual properti. Posisinya berada di bawah Broker properti.

Co-broking

Kerjasama penjualan properti antara 2 agen atau lebih.

KPR

Kredit Kepemilikan Rumah adalah kredit yang digunakan untuk membeli rumah atau kebutuhan konsumtif lainnya dengan jaminan berupa rumah tersebut.

KPA

Kredit Pemilikan Apartemen adalah fasilitas kredit yang disediakan oleh bank untuk membeli apartemen, kondominium dan kondotel secara berkala dalam kurun waktu yang ditentukan oleh pihak bank dan pengembang.

Nah, itulah beberapa istilah properti yang harus Anda pahami sebelum memulai bisnis ini. Sebenanrnya, masih banyak istilah dalam dunia properti yang harus Anda ketahui. Anda bisa menjelajahinya di sini.

Salam Investasi!

Comments

Popular posts from this blog

Gaji 3 juta ingin punya rumah? Begini Cara Menyiasatinya!

Semua orang pastinya ingin memiliki hunian sendiri, apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga. Hunian (rumah) adalah tempat untuk berkumpulnya semua anggota keluarga. Namun seperti yang kita tahu, memiliki rumah sendiri bukanlah hal yang mudah saat ini karena harganya selalu naik.
Bahkan bagi sebagian orang memiliki rumah menjadi hal yang tidak mungkin mengingat gaji yang diterima setiap bulannya sangatlah terbatas alias pas-pasan. Keadaan ekonomi yang tidak stabil kerap kali menjadi penghalang dan membuat orang tersebut merasa kurang percaya diri untuk mewujudkan impiannya mempunyai hunian.
Bagi yang memiliki gaji pas-pasan, jangan langsung berkecil hati atau bahkan putus asa jika ada orang yang menganggap “tidak mampu” untuk membeli rumah. Bahkan Anda bisa beli dengan gaji 3 juta ingin punya rumah!
Cobalah terapkan beberapa tips menyiasati gaji pas pasan untuk memiliki hunian berikut ini. Tips beli rumah dengan gaji pas pasan 1. Merencanakan Keuangan Melakukan perencanaan keuangan…

7 Tanaman Hias Indoor ini Mampu Hidup Baik di Lingkungan Apartemen

Alam merupakan kebutuhan utama manusia. Lingkungan yang sehat dapat membantu menghilangkan kita menghilangkan kepenatan sehari-hari. Oleh karena itu ada baiknya jika kita menghiasi rumah kita dengan tanaman hias, baik tanaman indoor maupun outdoor.
Namun khusus untuk ditanaman di apartemen, maka tanaman indoor lebih cocok dan lebih fleksibel untuk ditanaman dimanapun.
Ciri tanaman indoor adalah tanaman tersebut mampu bertahan di tempat yang pencahayaannya kurang.
Berikut ini merupakan 7 jenis tanaman hias indoor yang cocok ditanam di apartemen: 1. Peace Lily
Bunga peace lily atau( spathipyllum sp) merupakan tanaman indoor yang cocok ditanam di apartemen. Tanaman ini dapat bertahan dalam pencahayaan yang sedikit, di bawah suhu 27 derajat celcius.
Tanaman hias ini hanya membutuhkan penyiraman seminggu sekali, dan dapat tumbuh dengan baik di bawah penyinaran lampu neon, hal ini menjadikannya tanaman peace lily pilihan yang tepat untuk diletakkan di kamar mandi.
Namun akan lebih baik jika…

Cerita Dibalik Hilangnya Angka 4 dan 13 di Lift

Anda yang sering datang atau memiliki aktivitas rutin di gedung pencakar langit tentu sudah tidak asing lagi jika tak melihat angka 4 atau 13 di lift. Angka-angka ini sering kali dihapus dari urutan atau diganti dengan angka lain seperti 3B.
Jika Anda mengira bahwa ini adalah kesalahan developer, Anda salah besar! Hilangnya angka 4 dan 13 pada lift merupakan hal yang sengaja dilakukan untuk mengindari terjadinya hal-hal buruk yang tidak diinginkan.
Hal ini didasari oleh mitos-mitos dan misteri yang beredar. Penasaran? Yuk, simak ulasan di bawah ini sampai tuntas!
Misteri Angka 4
Pertama, kita akan membahas mengenai hilangnya angka 4 pada lift. Kira-kira kenapa ya?
1. Angka 4 Dikaitkan dengan ‘Kematian’
Dalam Bahasa Mandarin, kata empat disebut dengan “shi” yang pelafalannya mirip dengan kata “mati”. Hal inilah yang membuat angka 4 dianggap sebagai angka sial dan dapat memberikan dampaknegatif bagi developer ataupun investor.
2. Kursi yang Terbalik
Jika Anda menuliskan angka 4 pada secarik ker…