Perhatikan 10 Tips Ini Sebelum Membeli Apartemen!

Apartemen menjadi alternatif hunian masyarakat di perkotaan. Ketersediaan lahan yang kian terbatas dan kondisi jalan yang makin macet menjadi salah satu faktor membuat hunian vertikal ini jadi pilihan tempat tinggal.

Kondisi ini manfaatkan oleh sebagian pihak terutama para developer yang  berlomba-lomba membangun apartemen dan tidak heran setiap tahunnya pembangunan hunian ini terus bermunculan terutama dikawasan Jabodetabek.



Di mana daerah ini memiliki populasi yang tinggi dan sudah tergolong daerah urban. Hal ini tidak terlepas dari meningkatnya minat para pekerja ataupun mahasiswa yang kini mencari apartemen sebagai hunian maupun investasi.

Kebanyakan dari mereka memilih berinvestasi membeli apartemen karena harga jual apartemen yang selalu meningkat, terlebih lagi apabila apartemen terletak di lokasi yang strategis seperti dekat dengan kawasan perkantoran, mall, atau dekat dengan daerah universitas/kampus.

Perihal membeli apartemen untuk di jadikan sebagai hunian maupun invetasi berbeda dengan membeli rumah tapak. Banyak sekali faktor dan aspek yang harus Anda perhatikan, agar tidak salah memilih apartemen berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda simak! Berikut ulasannya:

1. Kenali Developer

Hal pertama kali yang harus Anda lakukan adalah mengenali siapa developer atau perusahaan yang membangun apartemen tersebut. Apakah perusahaan bonafid atau perusahaan yang memiliki riwayat hitam? Untuk itu, dalam hal ini Anda perlu teliti dalam memilih developer agar nantinya tidak terjebak dalam permasalahan di masa mendatang setelah pembelian unit nanti dan Anda pun dapat mencari tahu developer terkait mengenai rekam jejak dan kredibilitas developer dari Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI). Salah satu Apartemen yang dibangun oleh developer terpercaya adalah Apartemen olympicresidence-sentul.com

2. Status Kepemilikan Lahan

Ketika Anda membeli sebuah apartemen, tanyakanlah mengenai status kepemilikan lahannya dan pastikan bahwa apartemen yang akan dibangun persis diatas lahan yang sudah dimiliki oleh developer. Jangan sampai Anda membeli unit padahal apartemen itu dibangun di atas lahan milik orang lain.

3. Sertifikat Bangunan

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah mengenai sertifikat bangunan. Pastikan apartemen yang Anda beli memiliki sertifikat bangunan, selain itu pastikan juga apartemen tersebut memiliki surat izin prinsip, surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Surat Izin Penggunaan Peruntukkan Tanah (SIPPT), izin lokasi, dan memiliki sertifikat induk.

4. Lokasi

Ketika memilih apartemen prioritaskanlah lokasi yang strategis, di mana hal ini akan membatu Anda dalam melakukan mobilitas keseharian. Lebih biasanya lokasi yang strategis dapat di ukur dari mudahnya akses jalan tol dan alternatif jalan, dekat dengan daerah perkantoran, universitas, fasilitas umum seperti rumah sakit, bank, minimarket, dan kemudahan transportasi dari kawasan apartemen tersebut.

5. Lingkungan di Kawasan Apartemen

Ketika memilih sebuah apartemen, yang tak kalah penting adalah memilih apartemen di kawasan aman dan nyaman. Misalnya saja apartemen dengan ruang terbuka hijau yang dilengkapi tanaman yang tumbuh di sekitar apartemen, view yang ada disekitar lingkungan apartemen, area parkir yang luas, serta taman yang nyaman untuk berolahraga ataupun sekedar jalan-jalan.

6. Perhatikan Fasilitas Dalam Apartemen

Pastinya setiap apartemen memiliki fasilitas di dalamnya dan tapi tidak semua apartemen memiliki fasilitas yang sama. Pada umumnya semakin lengkap fasilitas akan semakin mahal juga harga
apartemen. Hal ini menunjukkan bahwa, jumlah fasilitas yang disediakan apartemen dapat menimbulkan perubahan pada nilai jual apartemen. Untuk itu pilihlah apartemen dengan fasilitas yang lengkap.

Namun yang harus Anda prioritaskan adalah adanya fasilitas keamanan, setelah itu Anda bisa menimbang fasilitas lain seperti swimming pool, play ground, jogging track, gym center dan sebagainya.

7. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Pilihlah apartemen sesuai dengan kebutuhan, bukan sesuai keinginan. Jika Anda masih berstatus lajang cobalah untuk memilih apartemen dengan tipe studio. Apabila kedepannya Anda membutuhkan apartemen untuk keluarga di masa depan.

Cobalah untuk memilih apartemen yang setidaknya memiliki dua kamar. Sehingga Anda tidak perlu melakukan investasi dua kali jika memang budget Anda miliki terbatas. Perlu diperhatikan juga, tinggalkan gengsi namun sesuaikan dengan kebutuhan agar keuangan Anda tetap sehat.

8. Faktor Keamanan

Faktor ini tidak kalah penting dari lokasi dan fasilitas pendukung. Ketika Anda membeli sebuah apartemen, cobalah tanyakan kepada pihak developer/ pengembang mengenai keamanan yang nantinya akan diterapkan, apakan akan ada CCTV dan security yang beroperasi 24 jam atau adanya access card system.

9. Rasio Parkir

Bagi Anda pemilik kendaraan, cobalah perhatikan rasio parkir pada apartemen yang akan Anda beli. Setidaknya Anda mengetahui lahan parkir yang nantinya akan disediakan oleh developer dan biaya tambahan yang akan dikenakan setiap kali kendaraan Anda terparkin pada parkitan apartemen tersebut.

10. Perhatikan Usia Bangunan

Jika Anda membeli apartemen second, cobalah perhatikan usia bangunannya. Hindari apartemen yang sudah berusia tua, kenapa demikian? Karena hal ini tentunya akan kan memerlukan biaya perawatan yang lebih banyak dan hal ini tentunya akan membuat keuangan Anda tidak sehat.

Itulah beberapa tips membeli apartemen, semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang berburu apartemen, apalagi bagi Anda yang baru pertama kali dalam menentukan hunian. Pilihlah hunian dengan cerdas dan tepat! Jangan sampai salah pilih.

Comments

Popular posts from this blog

Gaji 3 juta ingin punya rumah? Begini Cara Menyiasatinya!

Beli Rumah dengan Gaji Kecil Setelah Menikah? Ini Caranya!

Ini Dia Mitos dan Fakta Investasi Apartemen yang Jarang Orang Tau